20
Jan
09

Maaf…kawan…

Oke kawan terimakasih atas kunjungan di blog ramakertamukti.wordpress.com, cuman bila mengambil artikelnya jangan lupa nyebutin muasalnya ya…sobat thanks…ram

Wassalam

15
Jan
15

Mr. Mahasiswa

jangan cengeng ah jadi mahasiswa…hanya ndak punya laptop…tugas demi tugas kau lenakan…nggak punya tablet kau anggap engga gaul….engga bisa BBM karena nggak punya bunuh kreativitas….engga punya android serasa ngga punya diktat…. dulu memang jaman dulu tetapi dulu memberikan pengalaman berharga bagi kita….

Seingat saya dulu seorang mahasiswa punya tekad besar untuk datang ke perpustakaan bahkan perpus itu layaknya sebuah shopping centre, indah-bermakna- dan pastinya sulit kita memiliki buku sedemikian banyaknya.Cengeng benar menjadi mahasiswa sekarang, jaman kau ingin rubah tetapi kau hanya suka berebah… duduk di warung kopi bercerita ingin mengubah dunia dengan sebungkus rokok dan secangkir kopi pahit…. angkatlah kau punya bahu dan lengan tulislah apa yang ada dalam pikiranmu tebarkan analisa dan persepsi dan penemuanmu… bukan mengujuk gigi dengan ampas kopi….

14
Jan
15

Iklan : Kreativitas yang mengungkap Masa Depan

Berkarier di bidang Periklanan adalah sebuah karier yang unik, antara seni dan teori berkaitan disana. Seseorang menyukai karya sebuah iklan, bukanlah sebuah persoalan sederhana dalam mengartikannya. Kehidupan menggali ide kreatif selalu harus ada dalam berkarier di periklanan. Ada seorang teman dari sebuah radio terkenal di Yogyakarta, dia bertanggungjawab penuh dalam pengelolaan program siaran diradionya, pernah bertanya pada saya. “Apa sih maksudnya kreatif itu? Berkali-kali saya suruh penyiar saya untuk kreatif tetapi mereka bingung siaran yang kreatif itu bagaimana”. Kreatif-kreatif apa sih kreatif, kalau kata guyon mataraman sih kere sing aktif…ya ndak? Kreatif sih menurut saya adalah create yang aktif. Kita selalu disibukkan dengan kegiatan yang kita bisa dan dapat menghibur orang lain, dan harus selalu fresh! Ya…Fresh, gimana rasanya roti yang baru keluar dari oven, baunya, warnanya memikat bukan?

Ada hal yang mendasar orang bisa disebut bekerja secara kreatif, dia selalu melakukan atau percaya pada intuisi. Pada dasarnya tiap manusia memiliki intuisi, dia selalu dapat menduga memprediksi apa yang seharusnya dia lakukan, cuman kita seringkali tidak mau mendapat resiko dari prediksi kita. Kita cuman mau diwilayah aman-aman saja (safe zone) yang penting untung dan jalan, payah! Resiko selalu kita hindari, kalau perlu kita jauhi jangan mendekat dari kehidupan kita. Di Indonesia pekerjaan PNS menjadi idola bagi beberapa (mayoritas sih kalau mau diomongin) orang, karena dari segi nyaman, wuih! nyaman banget, kerja nggak kerja dapat gaji, nanti tua langsung dapat pensiun, nyaman banget ya? Di dunia periklanan mau kerja gini ya tidak akan pernah ketemu kita.

Di dunia iklan kita dididik menjadi penerjemah mimpi seseorang, lebih dekatnya sih Target Audience kita, kita lebih mengerti mereka dibanding mereka sendiri, hebat coba! Kalau kita cuman menunggu mereka pengen apa ya masalah, karya kita enggak pernah diterima mereka, tapi ya cuman itu, pendekatan kita harus selalu personal and emotional oriented. Hasilnya Target audience kita senang…kita ya pastinya senang juga, iya enggak sih. Dalam buku Inside the Minds: The Art of Advertising, karangan Joe Grimaldi CEOs from BBDO. Dikemukakan banyak hal mengenai kegiatan kreatif, intinya adalah ekploitasi kegilaan kita mengenai estetika kesukaan Target audience, ilmu tentang tetek bengek periklanan kita peras habis-habisan dan disiplin…bisa enggak disiplin? Menggapai masa depan bukan hil yang mustahal kok! Sadarlah, mimpi itu dekat dengan kita, hari ini hujan tidak? kita pasti bisa jawab dengan apa? Ya…melihat tanda-tanda cuacakan, kita menjawab hujan atau tidak bukan menunggu kita kehujanankan, konyol! Bila kita ingin menggapai apa yang disukai target audience, ya…pelajarilah kesukaan Target Audience dengan sisi emosional mereka, kita sedang mempelajari tanda-tanda dari mereka. Nah, itulah iklan, kita di dunia periklanan. Bahasa konotatif, bo!

Periklanan membutuhkan orang-orang yang ingin memetik masa depan untuk sebuah entertainment dunia. Iklan seharusnya menghibur, walau menjual itu harus. Tetapi unsur menghibur adalah hal yang harus menjadi unsur yang tak terlupakan. Kreatif is unimpossible kok, jadilah diri kita menggapai masa depan, selalu berpikir kearah depan, jangan nunggu…emang bis. Banyak temen-temen mahasiswa bertanya pada saya, kreatif itu kita harus ngapain? Kalo udah membaca awal tulisan ini ya. Pertama ambil pena atau pinsil, pengen apa kamu untuk memajukan dirimu di dunia iklan ini dan lakukan setelah menulis itu, bukan cuman disimpan dibawah bantal. Bisa? Dan yang kedua, ketiga, keempat? Enggak ada…just do it!

14
Jan
15

My prosa

Waktu menunjukkan pukul 03.30, menanti subuh datang. Hmmm… menjelang subuh adalah waktu dimana sang Khalik menunggu kita didepan pintunya, karena subuh adalah waktu para ksatria bumi bergerak memegang janji untuk mengolah ciptaan Sang Khalik. Dalam renungan menjelang subuh sering kita terpuruk mengingat masa lalu ataupun membuat rencana menghadapi keesokan hari.Tetapi ketika subuh kita sering terlupakan atas pengingatan kita ketika menjelang subuh. Di rumahku ketika menjelang subuh, aku melihat banyak sepeda mulai beriringan menuju pasar, sepertinya mereka santai dalam berperilaku. Dua tiga empat sepeda beriringan dan mereka saling bercakap diatas sepeda membicarakan aktivitas yang nantinya akan mereka lakukan, mereka bercerita dari harga cabe yang melangit hingga Gayus yang super dupper kaya……dan tidak mungkin mereka mencapai seperti itu… Continue reading ‘My prosa’

13
Jan
15

Kamu segalaNya…takkan terhapus oleh waktu

menjaring waktu seperti halnya menyapu kesia-siaan. Seringkita mengharapkan takdir menghampiri kita bukan takdir itu kita buat. Saya seorang dosen seringkali sadar tidak sadar mengolah masa lampau yang merasakan bahwa profesi saat ini bukanlah cita-cita yang diharapkan, tapi apalah kita kalau kita tidak menerima ketentuanNya dan mencintaiNya. Kamu segalanya ya Robb…seringkali aku berdusta padaMu tetapi engkau selalu memberikan kerahmatanMu dan selalu memberikan maaf dan waktu untuk berubah. Waktu itu rahasia dan serahasia itulah kamu dengan takdirmu, bergeraklah untuk menjangkau takdir bukan kita hanya menunggu layaknya cicak.

13
Jan
15

copy itu enak!!!

Enak yah jaman sekarang kerja jadi copywriter…bayangin seribu satu bahasa dapat kita ambil dari Timeline seseorang di jejaring sosial dan dapat kita cuplik contohnya ada sebuah curhatan yang dikirim ke kita : *simak

Jika namamu yang tertulis di Lauhul Mahfudz untuk diriku, niscaya rasa cinta itu akan Allah tanamkan dalam diri kita.

Tugasku bukan mencari dirimu, tetapi mensholehkan diriku…

Wahai seseorang yang tertulis di Lauhul Mahfudzku, imanku, dan ayah dari anak-anakku, engkau yang membersamai perjalanan nantinya…

Aku percaya kau sedang memperbaiki dirimu, memantaskan dirimu tuk jadi imam bagi tulang rusukmu, dan buah hatimu kelak…. Continue reading ‘copy itu enak!!!’

12
Feb
14

lagu dan hidup…

MasyaAllah… lagu sekarang bila dicerna dengan baik banyak yang engga bermanfaat dengan segala kehidupan…banyak hal. Penulis pernah belajar dalam dunia komunikasi ada istilah context making content…apapun disekelilingmu pasti merubah dirimu jadi sesuatu. Komunikasi sama halnya dengan dunia sosial lainnya sering mempelajari realitas dan akibatnya. Pola sosial terbentuk dari sekeliling, Lagu adalah hasil dari pola sosial. Bagaimana lagu ini tercipta dari hasil budaya manusia ia membentuk norma yang kuat membebani tiap liriknya. Norma adalah aturan, implisit, maupun eksplisit mengenai perilaku. Lagu yang tren di Indonesia saat ini adalah oplosan…dengan lirik sepertipenggalan berikut :

Coba sawangen kae konco kancamu,
Akeh sing podo gelempangan,
Ugo akeh sing kelesetan,
Ditumpakke ambulan

Yo wis cukupno anggonmu mendem,
Yo wis cukup anggonmu gendeng,
Yo mari-mario, yo leren lereno
Ojo diterus-terusno

Tutupen botolmu, tutupen oplosanmu,
Emanen nyawamu,
Ojo mbok terus-teruske
Mergane, ora ono gunane…

Kalo dicerna lirik ini baik…tapi dengan cara pendengdangan dan tingkah polah penyanyi….lagu ini malah menyuruh si penikmat lagu untuk ikut mabuk….realitas yang ada menciptakan hal tersebut. Norma muncul dan juga diikuti oleh hubungan-hubungan sosial lainnya. Lagu sesuai dengan tingkatan sosial pun menjadi sebuah realitas tersendiri….kekeliruan sosial akan terbentuk dalam sebuah lagu…jadi hiduplah dengan lagumu sendiri…

16
Oct
13

Tidak Takut dilahirkan….

Seringkali ketika kita hidup, kita merasa tidak mau untuk dilahirkan. Beban berat merajang semua aspek kehidupan kita dan kita merasa mengapa dulu bunda kita melahirkan! Weitz…gila bener nih pemikiran, siapa suruh kamu lahir dan siapa suruh juga kamu tidak dilahirkan….dalam bahasa islam ada yang disebut sifat “Jaiz”….Allah lah yang merancang semua aspek kehidupan kita, jadi ndak mungkin dong Arrohman dan Arrohim mau merusak kita, kita aja yang males untuk membongkar semua skenario itu. Orang kreatif harus selalu merancang kehidupannya dengan pasti. Bahasa gimana nanti itu …., itu bahasa orang yang ndak jelas pemikirannya dia ndak mau punya resiko. Bila, kita memang dirancang untuk selalu kreatif,  kita seharusnya sudah merancang kehidupan kita ini. Orang kreatif …harus dan harus…. tidak pernah mau dibatasi dan dikekang apalagi diintimidasi….mati deh alam pikiran kita.




sohibrama@gmail.com

soekarno falls

More Photos
Internet Sehat

Pengunjung

  • 178,179 hits

butuh buku ini email ajah:

kontak online

Hidup…Kawanku

Assalamu'alaikum Wr Wb, kawan, tidak selamanya kehidupan ini sulit bila kau ditemukan dalam susah hati itu hanyalah kebetulan saja apabila kita ditemukan dalam keadaan gembira itupun hanya kebetulan saja hidup ini adalah sesuatu yang sementara kita dapat menjadi senang dalam suatu waktu dan kita bisa sedih dalam suatu waktu Wassalamu'alaikum

Biennale Jogja XI

telpon kita :

Call kawanrama from your phone!

Categories

August 2015
M T W T F S S
« Jan    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
PageRank

kunjungan

free counters

RSS berita indonesia

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS kompas

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Muka Pembaca

View My Profile community View My Profile View My Profile View My Profile

RSS bola

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS inggris

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
Yuk.Ngeblog.web.id

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.