15
Apr
13

Hashim, Pengusaha Global Indonesia Berbagi Ilmu Entrepreneur Pancasila di UIN Sunan Kalijaga

Hashim, Pengusaha Global Indonesia Berbagi Ilmu Entrepreneur Pancasila

di UIN Sunan Kalijaga.

 

Jogja, Kamis 11 April 2013.  “Pancasila  adalah Dasar Negara yang dapat diimplementasi dalam semua hal, kekukuhan itu menjaga keanekaraman masyarakat Indonesia”, pesan Hashim dalam kuliah umum yang diadakan Program studi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga yang bertajuk “Pancasila sebagai Dasar Membangun Jiwa Entrepreneurship di Kalangan Mahasiswa dalam Memperkuat Daya Juang Bangsa” di Gedung Convention Hall UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.  Kuliah umum ini dihadiri oleh Purek. Bidang Kerjasama Prof.Dr. Siswanto Masruri, MA dan struktur Prodi. Ilmu Komunikasi.

Kesempatan kuliah ini dimanfaatkan pengusaha Global Indonesia, Hashim Djojohadikusumo untuk menularkan semangat Pancasila dalam berbisnis di era dunia tanpa batas. Dasar Negara, Pancasila adalah modal dasar yang sangat berperan dalam menjiwai cara berbisnisnya. Keragaman yang ada di Indonesia dari sosial, budaya, ekonomi, pemikiran mewarnai tiap-tiap daerah menciptakan fleksibilitas cara negosiasi dan kerjasama dengan para partner bisnisnya. Hashim, menceritakan dalam sesi pertama kuliah umumnya bahwa Persatuan Indonesia adalah suatu sikap pandangan hidup yang tidak dimiliki oleh bangsa manapun di dunia ini. Sebagai contoh yang diberikan adalah perpecahan pemikiran di Negara-negara Islam pada keputusan bekerjasama atau berperang dengan Bangsa Israel, karena perpecahan itu Israel tetap bias menindang bangsa Palestina. Tetapi, di Indonesia dengan jiwa persatuan Indonesia, kerukunan tetap terjaga.

Entrepreneurship adalah semangat yang harus muncul dalam tiap mahasiswa. Kebiasaan menghadapi resiko harus selalu ada dalam diri mahasiswa. Seperti halnya seorang nasionalis tulen, ceramah yang disampaikan pengusaha Hashim penuh dengan energy yang stabil, sehingga hampir 500-an mahasiswa menghadiri kuliah umum ini antusias mendengarkan hingga akhir sesi ceramah selesai.

Pola kebiasaan yang dilakukan dalam berbisnis di luar negeri didasari kenangan masa kecil Hashim yang sangat nasionalis. Dari kakek hingga orang tuanya Begawan Ekonomi Indonesia Sumitro Djojohadikusumo. Nasionalisme berani melawan kebenaran dan jangan mau diperalat adalah makna yang didapat Hashim melihat orangtuanya berjuang demi bangsa Indonesia. Kenangan itu ingin ditularkan kepada para Mahasiswa UIN Suka, yang diharapkannya menjadi pemimpin-pemimpin Bangsa yang beridealis.

Pada akhir ceramah, Hashim mengingatkan sikap disiplin harus menjadi makna yang dihasilkan dalam Nasionalisme dengan hadir tepat waktu dalam kuliah, dan ditanggapi mahasiswa dengan tepuk tangan riuh. Itulah bagian dari nilai-nilai entrepreneur Pancasila yang ingin dibagi kepada tunas-tunas bangsa. Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga merasakan kedatangan Hashim sebagai contoh yang sangat baik untuk dijadikan patokan Mahasiswa untuk menjadi pemimpin atau pengusaha yang nasionalis dan berdedikasi demi bangsa Indonesia. (rama).


0 Responses to “Hashim, Pengusaha Global Indonesia Berbagi Ilmu Entrepreneur Pancasila di UIN Sunan Kalijaga”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


sohibrama@gmail.com

soekarno falls

More Photos
Internet Sehat

Pengunjung

  • 213,125 hits

butuh buku ini email ajah:

kontak online

Hidup…Kawanku

Assalamu'alaikum Wr Wb, kawan, tidak selamanya kehidupan ini sulit bila kau ditemukan dalam susah hati itu hanyalah kebetulan saja apabila kita ditemukan dalam keadaan gembira itupun hanya kebetulan saja hidup ini adalah sesuatu yang sementara kita dapat menjadi senang dalam suatu waktu dan kita bisa sedih dalam suatu waktu Wassalamu'alaikum

Biennale Jogja XI

telpon kita :

Call kawanrama from your phone!

Categories

April 2013
M T W T F S S
« Feb   Sep »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
PageRank

kunjungan

free counters

RSS media ide periklanan

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS berita indonesia

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS kompas

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Muka Pembaca

View My Profile community View My Profile View My Profile View My Profile

RSS bola

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS inggris

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
Yuk.Ngeblog.web.id

%d bloggers like this: