04
Feb
09

Membuat Rancangan Materi Promosi Iklan

s3010075tUntuk membuat sebuah rancangan meteri promosi (kampanye Periklanan) kita harus lebih dulu mengurai dan memahami secara lebih dalam tentang produk/jasa yang diiklankan, kondisi pasar, target market, dan media itu sendiri. Di samping itu ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dalam perancangan kampanye periklanan, yaitu :

Tujuan Pemasaran

Tujuan pemasaran menjelaskan secara detail tentang tujuan pemasaran yang ingin dicapai oleh advertiser dengan memasarkan produk itu. Dengan mengetahui secara detail tujuan pemasaran produk yang akan diiklankan, kita akan bisa merumuskan strategi media apa yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.Dalam merumuskan tujuan pemasaran, kita harus bisa menguraikannya dengan jelas dan detail. Misalnya bila kita ingin memperbesar market share-nya, maka harus disebutkan berapa market share awalnya, dan berapa pertambahan yang diinginkan. Kejelasan hal tersebut sangat penting mengingat tujuan pemasaran juga akan mempengaruhi pola kampanye periklanan terutama bobot pemesangan iklan di media.

Tujuan periklanan

Tujuan periklanan adalah keinginan/hal yang ingin dicapai oleh advertiser terhadap program kampanye periklanan yang dilakukannya. Untuk itu perlu diterapkan langkah-langkah tertentu untuk menciptakan suatu iklan (pesan) yang benar-benar berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Oleh karena itu kegiatan periklanan selalu memperhatikan dua hal yaitu prinsip VIPS dan AIDCA. Prinsip-prinsip VIPS menurut David adalah Visibilitas, Identitas, Promise, dan pikiran yang terarah (Single Mindedness). Jadi sebuah iklan harus Visible, artinya mudah dilihat atau mudah menarik perhatian. Identitas pengiklan produk barang atau jasa harus dibuat sejelas mungkin dan tidak tertutup. Promise atau janji perusahaan kepada konsumen juga harus dibuat sejelas mungkin. Prinsip AIDCA adalah Attention, Interest, Desire, Conviction, dan Action. Attention maksudnya iklan harus menarik perhatian sasarannya, baik pembaca, pendengar atau pemirsa. Interest maksudnya setelah perhatian calon pembeli diraih, bagaimana cara yang dilakukan agar mereka berminat dan ingin mengetahi lebih jauh tentang produk yang diiklankan. Desire yaitu kebutuhan atau keinginan mereka untuk memiliki, memakai atau melakukan sesuatu yang harus dibangkitkan. Conviction yaitu cara bagaimana agar pembeli meyakini bahwa suatu produk itu bagus atau sesuai dengan kebutuhan mereka. Action maksudnya untuk membujuk calon pembeli agar segera melakukan suatu tindakan pembelian produk.

Deskripsi Produk

Deskripsi produk merupakan keterangan-keterangan yang berisi tentang produk atau jasa, dan hal-hal lain di sekitar produk yang akan dikampanyekan (diiklankan). Deskripsi tersebut harus lengkap, sehingga sebelum kita membuat materi promosi, kita sudah tahu tentang produk, golongan, jenis dan karakter produknya. Keterangan dalam deskripsi produk ini berfungsi untuk menggolongkan suatu produk di antara produk-produk yang sudah ada di pasaran. Apakah dalam segmen produk yang akan diiklankan ini mempunyai kompetitor atau tidak. Kalau ada siapa saja kompetitornya, berapa besar market share-nya, dan lain-lain yang perlu diketahui.

Informasi ini juga sangat berguna untuk membaca kompetitor di mana letak produk yang akan diiklankan, berada sebagai market leader, follower atau hanya sebagai pengisi pasar tanpa mempunyai posisi yang penting ( market share-nya kecil). Berapa besar peluang produk itu untuk merebut pasar, siapa saja yang harus diperhatikan dalam persaingan dipasar, dan lain-lain. Deskripsi kelebihan produk, berfungsi untuk menegaskan bahwa suatu produk memang lebih dibandingkan dengan produk lain.

Target Audience

Dalam dunia periklanan target audience / khalayak sasaran merupakan khalayak yang menjadi sasaran sebuah produk. Khalayak sasaran biasanya adalah pemakai produk (user), orang yang mempengaruhi pemakai (influencer) atau orang yang membuat keputusan bagi pemakai.


1 Response to “Membuat Rancangan Materi Promosi Iklan”



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


sohibrama@gmail.com

soekarno falls

More Photos
Internet Sehat

Pengunjung

  • 213,125 hits

butuh buku ini email ajah:

kontak online

Hidup…Kawanku

Assalamu'alaikum Wr Wb, kawan, tidak selamanya kehidupan ini sulit bila kau ditemukan dalam susah hati itu hanyalah kebetulan saja apabila kita ditemukan dalam keadaan gembira itupun hanya kebetulan saja hidup ini adalah sesuatu yang sementara kita dapat menjadi senang dalam suatu waktu dan kita bisa sedih dalam suatu waktu Wassalamu'alaikum

Biennale Jogja XI

telpon kita :

Call kawanrama from your phone!

Categories

February 2009
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  
PageRank

kunjungan

free counters

RSS media ide periklanan

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS berita indonesia

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS kompas

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Muka Pembaca

View My Profile community View My Profile View My Profile View My Profile

RSS bola

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS inggris

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
Yuk.Ngeblog.web.id

%d bloggers like this: