06
Jan
12

Promosi Melalui _Internet : alternatif saluran KomPemasaran

Promosi Melalui Internet

Komunikasi pemasaran adalah salah satu dari empat elemen utama bauran promosi perusahaan. Pemasar dan pengiklan harus tahu bagaimana menggunakan media internet sebagai iklan, promosi penjualan, punlisitas dan penjualan personal untuk  mengkomunikasikan suatu produk atau jasa beserta nilainya kepada konsumen/ klien yang dituju.

      

Proses komunikasi itu sendiri terdiri dari sembiolan elemen : penyampai pesan,  penerima pesan,, penyandian, pembaca sandi, pesan, media, tanggapan, umpan balik dan gangguan (Suyanto, 2003 : 114). Pemasar harus tahu  bagaimana cara mencapai khalayak sasaran, berhadapan dengan kecenderungan khalayak pada perhatian selektif, distorsi (pemutarbalikkan pesan) dan mengingat pesan. Untuk menetapkan suatu program promosi diperlukan delapan tahapan, Pertama, komunikator harus mengidentifikasikan khalayak sasaran dan ciri-cirinya, termasuk citra mereka terhadap produk. Kemudian komunikator harus menentukan tujuan komunikasi, apakah untuk menciptakan perkenalan, pengetahuan, kesukaan, pilihan, keyakinan atau pembelian.

Pesan kemudian harus dirancang meliputi isi yang efektif, struktur, format, dan sumber. Saluran – saluran komunikasi personal maupun non personal harus diseleksi. Selanjutnya anggaran promosi yang menyentuh harus ditetapkan. Biaya promosi harus didistribusikan menurut alat-alat utama promosi yang digunakan. Komunikator harus menelusuri seberapa banyak pasar yang mengenal produk itu, mencoba serta puas terhadap produk selama promosi. Terakhir, semua komunikasi harus dikelola dan dikoordinasikan agar konsisten, tepat dan efektif.

Tujuan berpromosi melalui internet tidak berbeda dengan tujuan yang dimiliki oleh promosi produk atau jasa lainnya, yaitu untuk membujuk konsumen/ klien agar mau menggunakan, membeli produk atau jasa tertentu.  Dengan demikian media internet dapat dilihat sebagai salah satu media alternative. Apa sebenarnya periklanan di Internet itu? Pada awalnya periklanan di media Internet adalah memindahkan materi iklan yang sudah berjalan di media konvensional (televisi, majalah, surat kabar) ke dalam website. Namun pada perkembangannya, pemanfaatan karakteristik media Internet mampu memaksimalkan hasil yang didapat melalui aktifitas periklanan di Internet. Hal tersebut menjadikan media Internet kini dipakai sebagai bagian dari pamasaran (marketing mix) dengan pendekatan yang berbeda sesuai dengan karakteristik media dan target audiens yang ingin dicapai.

Aktifitas yang lazim dipakai dalam periklanan di media Internet adalah memasang banner (banner ad). Namun tuntutan komunikasi pemasaran yang makin kompleks tidak cukup hanya dengan cara seperti itu. Dibutuhkan strategi, kreatifitas dan pengukuran yang akurat serta mengkonvergensikan kemungkinan yang ada. Misalnya, menggunakan strategi viral melalui email marketing, membangun situs khusus produk yang terpisah dari corpoorate site, merancang webtorial pages, membuat advert-gaming, mensinergikan dengan mobile marketing, online survey/polling dan strategi lainnya.

  •  Strategi Merancang Dalam media Online

Untuk merancang sebuah  pesan didalam media online dibutuhkan sebuah strategi kreatif dengan melewati beberapa tahapan : tahap pembentukan, evaluasi, seleksi, dan pelaksanaan pesan. Pembentukan pesan terhadap produk pada prinsipnya merupakan manfaat utama yang ditawarkan merk sebagai pengembangan konsep produk. Pesan dari iklan harus dapat disampaikan  secara kreatif, bahkan kreativitas ini lebih penting  daripada jumlah uang yang dikeluarkan.  Kreativitas dalam  periklanan adalah proses dari beberapa tahapan. Kreativitas dapat terbagi menjadi empat tahap meliputi persiapan; inkubasi, ilumunasi, vertifikasi dan revisi. Sumber variasi informasi tersedia untuk membantu spesialis kreatif untuk menentukan tema kampanye, daya tarik ataugayaeksekusi.

Pada tahap preparasi  informasi, latar belakang  yang diperlukan dikumpulkan untuk memecahkan  masalah lewat studi dan penelitian. Pada tahap inkubasi diambil langkah untuk mengembangkan ide kreatif tersebut. Tahap iluminasi melihat cahaya terang dari penyelesaian tersebut. Akhirnya pada tahap verifikasi dan revisi, yang dilakukan adalah melihat kembali dan menyempurnakan ide serta memilih yang terbaik diantara ide kreatif tersebut.

Ada hal-hal  yang perlu dipertimbangan penting dalam perancangan iklan berbasis internet. Choi et.al. (1998), dan pakar-pakar lain, menyarankan sejumlah patokan yang telah lazim diterima sebagai patokan dalam beriklan di internet, antara lain :

Menarik Secara Visual

Iklan harus menarik secara visual. Dalam media massa, iklan mestinya berwarna-warni untuk menarik perhatian pembaca. Dalam internet, prinsip ini dapat direalisasikan dengan mengadopsi isi web yang bergerak dan interaktif, yang mampu membius perhatian pengunjung serta menarik kunjungan yang berulang-ulang.

Membidik Kelompok Tertentu

Iklan harus dibidikkan ke kelompok tertentu atau ke konsumen perorangan. Iklan mestinya dibentuk, dan berbicara pada level personal (personalisasi). Dari berbagai segmentasi yang telah ada, segmentasi yang mengarah ke komunitas dan personallah yang akan berhasil, karena persaingan begitu ketat, perusahaan top dunia masuk dalam persaingan tersebut. Strategi personalisasi inilah yang menjadikan  perusahaan  menjadi beda dengan perusahaan lain di mata pelanggan. Pelanggan akan lebih menyukai sesuatu yang menjadi milik pribadi. Personalisasi pesan akan membantu perusahaan meningkatkan kridibilitas perusahaan. Kunci personalisasi yang sukses adalah “informasi”. Semakin  menguasai informasi tentang pelanggan , semakin dapat melakukan personalisasi pelanggan.

Pendekatan lain adalah membiarkan  pelanggan mengambil informasi dalam situs Anda.

Isi Situs Web Bermanfaat bagi Konsumen

Isi situs bermanfaat bagi konsumen. Webpage mestinya memberikan informasi yang berharga, dengan menghindari file tidak berguna dalam ukuran besar yang hanya akan memperlambat waktu download. Untuk menjadikan isi situs web itu bermanfaat bagi konsumen, maka harus disesuaikan dengan tujuan periklanan, yaitu memberi informasi, melakukan persuasi, mengingatkan pembeli, menambah nilai dan membantu bagian lain.

Penekanan Lebih Terhadap Merek dan Citra Perusahaan

Iklan harus menekankan  merek dan citra suatu perusahaan. Iklan, beserta produk dan layanannya, mestinya menekankan bahwa ia berbeda dengan iklan milik para pesaing lainnya.

Iklan Merupakan Bagian dari Strategi Pemasaran.

Iklan merupakan bagian dari strategi pemasaran secara keseluruhan. Perusahaan harus secara aktif  berpartisipasi dalam semua jenis aktivitas internet, seperti  newsgroups, mailing list, dan bulletin boards. Semua aktivitas memerlukan strategi. Juga, iklan online mestinya dikoordinasikan dengan iklan offline (di luar internet).

Iklan harus Berhubungan dengan Proses Ordering

Iklan harus berhubungan dengan proses ordering. Ketika pelanggan menjadi tertarik setelah melihat iklan tersebut, item yang diiklankan harus bisa langsung dipesan dan dibayar, dan sebaiknya dengan cara online juga.

Kecepatan Page-Loading

Dalam pemunculan iklan diharapkan cepat sekali dalam membuka halaman atau bannernya sehinga pengakses computer online tidak merasa terganggu terhadap kehadiran iklan tersebut

Efisiensi Navigasi

Bila iklan terasa komplek, cara tracer information harus cenderung mudah sehingga waktu pengakses dalam media online marasa tidak terbuang.

Keamanan dan Privasi

Keamanan dan privacy adalah nilai mutlak dalam memabangun kepercayaan dalam media online ini karena sifatnya antara pengiklan dan pengakses iklan saling berjauhan tetapi berdekatan dalam percakapan jadi tidak terasa ada batas geografi. Keamanan dan privacy menjadi ujung tombak yang sangat efektif.

Marketing customer fokus

Harus disertakan syarat-syarat pembelian yang jelas, termasuk informasi pengiriman, kebijakan retur, dan lain-lain.

(naskah untuk Jurnal Komunikasi Profetik UIN Oktober 2011)


0 Responses to “Promosi Melalui _Internet : alternatif saluran KomPemasaran”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


sohibrama@gmail.com

soekarno falls

More Photos
Internet Sehat

Pengunjung

  • 213,112 hits

butuh buku ini email ajah:

kontak online

Hidup…Kawanku

Assalamu'alaikum Wr Wb, kawan, tidak selamanya kehidupan ini sulit bila kau ditemukan dalam susah hati itu hanyalah kebetulan saja apabila kita ditemukan dalam keadaan gembira itupun hanya kebetulan saja hidup ini adalah sesuatu yang sementara kita dapat menjadi senang dalam suatu waktu dan kita bisa sedih dalam suatu waktu Wassalamu'alaikum

Biennale Jogja XI

telpon kita :

Call kawanrama from your phone!

Categories

January 2012
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
PageRank

kunjungan

free counters

RSS media ide periklanan

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS berita indonesia

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS kompas

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Muka Pembaca

View My Profile community View My Profile View My Profile View My Profile

RSS bola

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS inggris

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
Yuk.Ngeblog.web.id

%d bloggers like this: