09
Sep
09

Catatan buat Malaysia 2: serumpunkah?

123Memang sedikit menggelikan kok saya ikut-ikutan terlibat secara emosional tentang masalah Indonesia Malaysia, enggak emosional sih cuman mulut kreatif saya agak gatal untuk urusan kreativitas. Indonesia adalah negara dengan berbagai suku bukan multi ras tetapi multi etnik. Semua suku di Indonesia mempunyai ciri khasnya masing-masing, walaupun sama-sama orang Jawa tetap ada perbedaan Orang Jakarta sangat berbeda dengan orang Sunda dan juga berbeda dengan orang Jawa Tengah ataupun Jawa Timur. Makanya kehidupan di Indonesia sangatlah beragam, cuman ada yang menyamakan diantara suku-suku di Indonesia yaitu nilai-nilai religi atau agama sehingga menciptakan sedikit kesamaan budaya antar suku tetapi bukan material budaya. Kalo kita lihat dari lagu-tari-tarian akan banyak berbeda satu sama lain di Indonesia tetapi ketika mereka pulang ke rumah dan berkehidupan mereka akan melebur secara ideologi agama…yang islam gayanya akan sama dengan islam dengan suku yang berbeda begitu juga agama yang lain…Suku di Indonesia tak hanya Melayu saja…ada suku jawa, bugis, dani (irian) dan buanyak lagi sampe lupa saya menyebutnya….Makanya dengan beraneka ragam suku tersebut akan menciptakan material budaya yang sangat berbeda-beda….memanggil orang saja ada yang menggunakan kata : Uda, Cak, Mas, Dab, Kang, Tiyang….banyak lagi jadi bila ada yang mengatakan sebuah lagu dengan didalamnya ada syair kata “nona” berarti itu berasal dari jajahan portugis bukan dari jawa….bukan juga dari Kalimantan tetapi dari teman-teman wilayah Indonesia Timur,  jadi jangan anggap orang Melayu bilang ke seorang wanita “Nona” tetapi…UNI yah (ingat lagu “rasa sayange” jelas-jelas itu milik teman-teman maluku? Jadi, bila kita membajak karya seseorang yang dapat kita ambil hanyalah kulitnya, bukan hatinya.So, bila ditanya asal usul karya tersebut jawabannya pasti ngawur bila kita hanya mengambil secara paksa hanya dari kulitnya saja. Jadi kalo di bilang negara Indonesia serumpun  dengan Malaysia kayaknya engga yah? Dapat dikatakan : cuman serumpun dengan Propinsi Riau jadi Malaysia serumpun dengan Propinsi Riau….bukan negara Indonesia, betul?? Lihat dulu kalo mau bajak kreativitas orang lain teman….siapa tahu kita tidak tahu asal muasalnya….(foto :http:ustadsfahrur.files.wordpress.com/2009)


2 Responses to “Catatan buat Malaysia 2: serumpunkah?”


  1. 1 chaochubby
    April 6, 2010 at 12:09 am

    bahkan sesama melayu pun dipandang masih ada perbedaan pak.. antara melayu malysia dengan melayu yang ada di indonesia..
    btw, betawi tuh masuk kedalam kategori melayu gak yah ? (secara ane orang betawi nih pak)hhe

    1ndONEsia

    rama said: “kayaknya betawi itu melayu yen dioyak-oyak…he…he…just a joke!”

  2. 2 chaochubby
    April 7, 2010 at 7:43 pm

    *gubrak


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


sohibrama@gmail.com

soekarno falls

More Photos
Internet Sehat

Pengunjung

  • 213,112 hits

butuh buku ini email ajah:

kontak online

Hidup…Kawanku

Assalamu'alaikum Wr Wb, kawan, tidak selamanya kehidupan ini sulit bila kau ditemukan dalam susah hati itu hanyalah kebetulan saja apabila kita ditemukan dalam keadaan gembira itupun hanya kebetulan saja hidup ini adalah sesuatu yang sementara kita dapat menjadi senang dalam suatu waktu dan kita bisa sedih dalam suatu waktu Wassalamu'alaikum

Biennale Jogja XI

telpon kita :

Call kawanrama from your phone!

Categories

September 2009
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  
PageRank

kunjungan

free counters

RSS media ide periklanan

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS berita indonesia

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS kompas

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Muka Pembaca

View My Profile community View My Profile View My Profile View My Profile

RSS bola

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS inggris

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
Yuk.Ngeblog.web.id

%d bloggers like this: