20
Apr
09

obrolan fresh graduate:orang kreatif iklan

Apa sih arti sebenarnya Fresh Graduate?
Fresh Graduate seperti yang aku tahu adalah FRESH” from the oven yaitu seseorang yang baru saja lulus dari kuliah, ibaratnya kalau bisa dibilang baru menetas dari telur dan baru melihat dunia pertama kalinya, atau bisa diibaratkan kue yang baru matang setelah di panaskan di oven dan menjadi “panas” untuk pertama kalinya.

Sayangnya Fresh Graduate yang sekarang ada terlalu memperebutkan posisi di agency manapun yang ada di Jakarta. Faktanya seorang (entah) Creative Director, Senior Designer dan apapun itu terlalu memperhatikan Egoisme mereka dengan membuang begitu saja seorang graphic designer “fresh graduate” yang dikatakan tadi.

Seharusnya mereka mengerti bahwa FRESH GRADUATE di sini baru belajar 20% di dunia perkuliahan dan belum memiliki pengalaman apapun. Dan ketika masuk di agency, yang namanya seorang graphic designer akan belajar dengan sangat amat serius untuk mengasah skill graphic design nya dengan jam terbangnya.

Apakah karena Resesi atau malah “EGOISME” Para CD, Boss, Senior GD yang ada di perusahaan yang membuat fresh graduate menjadi terbuang begitu saja ketika mengadakan “MASS INTERVIEWS” dengan banyak orang.

Mereka bahkan memasang iklan di, entah JobsDB, Jobstreet, CCI atau apapun itu dan ratusan bahkan gerombolan Graphic Designer berhura – hura terbirit – birit interview. Sedangkan karena 20% skill yang hanya diperoleh ketika “kuliah” ini Ya tidak bisa disalahkan juga jika misalkan tidak diterima di perusahaan graphic design.

Saya melihat perusahaan terlalu egois. Persaingan terlalu ketat di dunia industry design sekarang. Bukannya bagaimana, berkali – kali interview, bahkan 10 – 15 interviews panggilan dari JOBSDB, JOBSTREET, CCI entah dari mana lah, selalu saja nggak manggil balik. Bukannya PORTFO jelek, tapi memang selalu ADA saja yang menyaingi. Mbok ya kalau misalkan sekarang nyari “Fresh Grad” mending ngomong aja kita nyari Fresh Grad yang masih belum pengalaman.

Jangan samain FRESH GRAD dengan Middle / Senior Level dong. Mereka kan udah banyak pengalaman. Sedangkan kita sbg fresh grad ya normal kalau misalkan nggak langsung mendapatkan pekerjaan seperti itu.

Padahal Portfolio saya juga nggak tergolong JELEK BANGET / Murahan sampai sebegitunya. Yah karena perusahaan terlalu Bitchy dan nggak nganggep Fresh Grad. Mereka selalu cari yang Middle / Senior Level bukan? Fresh Grad sendiri dianggap seperti itu…

Saya sih ngerti kalau banyak Lulusan GD yang akhirnya banting setir, atau bahkan buka usaha sendiri dan such….. Ya wong kalau caranya begini siapa yang nggak tahan? Lagian kan di perusahaan kita di treat sebagai Slave, bukan kah begitu?

Ok deh … just wanna share my thoughts…(From: Ardie Siswanto <ardiesiswanto@ yahoo.co. id>)

Jawab :
hahaha….. pengalaman saya juga tuh, ditolaok sana sini sebagai Fresh Graduate.
Saya kira masih banyak para Fresh Graduate diluar sana yang memiliki nasib yang sama.
Saran saya seh buat mas Ardie, coba2 aj nambah pengalaman dengan mengikuti kompetisi2, festival2, ato apapun itu untuk menambah pengalaman berkompetisi dan buat nambah PortFolio. Atau coba cari agency yang baru berkembang yang bisa ngasi pengalaman.
Karena BESAR berasal dari yang kecil, tak ada salahnya untuk mencoba….. .(Dari: roy stg <djin_roy@yahoo. com>)

Jawab :
Mas Ardi, kalo dosen Anda bilang ilmu di perkuliahan hanya memberikan 20% saja terhadap kemampuan Anda di dunia kerja, mengapa Anda tidak melengkapi 30%-nya saja untuk membekali diri Anda supaya lebih mangtabs? Seperti berkenalan dengan orang iklan (ada fesbuk gitu.. pasti di-approve deh kalo mo kenalan.. hehe), nimbrung di komunitas iklan, ikut festival atau lomba iklan untuk menambah portfolio Anda.

Saya calon fresh grad (amin^^). Begitu banyak tantangan bagi saya untuk bersaing dengan fresh grad dari kampus lainnya. Apalah arti lulusan perguruan tinggi terkenal tanpa dibekali dengan ilmu, attitude, dan ability yang baik. Jangan menyerah pada keadaan Mas, justru saya (atau kami) calon fresh grad membutuhkan motivasi untuk bisa bersaing, bukannya cerita curhatan yang menggambarkan kondisi yang “menyedihkan” .

Dalam bahasa saya (maaf kalo salah), industri advertising itu industri jual beli orang (serem ya?^^). Karena advertising itu termasuk dalam usaha jasa, sehingga hasil dari kerjanya ya tergantung orang2 di dalamnya. Saya yakin agensi masih membutuhkan fresh grad.. Mengapa? Karena Anda, saya, dan (calon) fresh grad lainnya merupakan orang-orang yang masih memiliki ide segar, semangat (karena baru bekerja), dan dibayar dengan murah. Tenang saja mas, agensi itu gak buta kok. Kalo dia melihat orang yang punya nilai gak mungkin dilepas begitu saja. Karena kembali ke definisi saya tadi, advertising itu industri jual beli orang.

Mohon koreksi dari pendapat saya.
Semoga usaha banting stirnya berhasil ya Mas,, Jangan patah semangat!
From: elita dianingratri <im_dianing@yahoo. co..id>


0 Responses to “obrolan fresh graduate:orang kreatif iklan”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


sohibrama@gmail.com

soekarno falls

More Photos
Internet Sehat

Pengunjung

  • 213,236 hits

butuh buku ini email ajah:

kontak online

Hidup…Kawanku

Assalamu'alaikum Wr Wb, kawan, tidak selamanya kehidupan ini sulit bila kau ditemukan dalam susah hati itu hanyalah kebetulan saja apabila kita ditemukan dalam keadaan gembira itupun hanya kebetulan saja hidup ini adalah sesuatu yang sementara kita dapat menjadi senang dalam suatu waktu dan kita bisa sedih dalam suatu waktu Wassalamu'alaikum

Biennale Jogja XI

telpon kita :

Call kawanrama from your phone!

Categories

April 2009
M T W T F S S
« Mar   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
PageRank

kunjungan

free counters

RSS media ide periklanan

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS berita indonesia

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS kompas

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Muka Pembaca

View My Profile community View My Profile View My Profile View My Profile

RSS bola

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS inggris

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
Yuk.Ngeblog.web.id

%d bloggers like this: