22
Mar
09

Konsep Logo

jarumSebagai bagian dari perencanaan corporate identity design, logo ibarat bagian tubuh yang mampu mengutarakan isi hati produk atau perusahaan.
Dari sisi pemasaran, logo mempunyai fungsi identitas yang membedakan sebuah sebuah produk dengan produk lainnya. Kesemuanya itu tak lepas dari hakikat logo itu sendiri, sebagai sebuah karya seni rupa yang biasa berupa dwi matra (dua dimensi) atau tri matra (tiga dimensi). Sebagai karya seni rupa, sebuah logo tidak bisa lepas dari elemen-elemen senirupa dasar yang membentuknya seperti garis, bentuk, warna, ruang, tipografi dll. Seperti yang dikemukakan oleh John Murphy :
The successful designer of trademarks and logos needs to have basic intellectual and draftsmanship skills in addition to a sensitivity to the aesthetic elements of design. Yang berarti, seorang perancang logo dan cap dagang yang sukses, perlu memiliki kepandaian dasar dan keterampilan dalam menggambar dalam hubungannya dengan kepekaan terhadap elemen estetika disain.
Identitas suatu produk/ perusahaan sangat diperlukan sekali dan disadari oleh Jarum Black. Black in News : Hal ini untuk membedakan produk Jarum Black dengan produk yang lain. Tujuan lain dengan adanya merek/ logo adalah mengenalkan produk kita kepada masyarakat dalam bentuk non produk. Misalnya dalam pamphlet, spanduk dan alat komunikasi yang lain. Dengan adanya symbol-simbol dalam merek/ logo, maka masyarakat akan cepat mengenali produk kita.
Logo Jarum Black yang simple, yang menggambarkan ciri khas, mudah untuk dijelaskan, menggugah, mengandung keaslian dan tidak mirip dengan logo-logo produk lain.
Desain logotype merupakan unsur yang sangat penting dalam pemasaran Jarum Black. Sangatlah sulit untuk menjual Jarum Black sampai pada tingket pengenalan nama yang layak di antara konsumen. Hal itu disadari Jarum Black, penciptaan logonya begitu penting sehingga  merancang logo dan kemasan dengan serius.

Black In News : Sebagian besar perancang mencoba meningkatkan hubungan harmonis antara rancangan kemasan, logo, dan iklan untuk suatu produk. Logo yang kuat pada kemasan dan dalam iklan produk menciptakan lingkungan pengenalan.
Sebagian besar produk yang berhasil adalah yang mengkombinasikan skema desain yang membangkitkan minat melalui logo yang provokatif. Logo yang provokatif adalah logo yang jika disarikan dari kemasan bahkan akan memproyeksikan kepribadian visual dari produk. Bagaimanapun, ketika orang berbelanja melewati gang-gang di pasar swalayan, citra pertama yang mempesonakan mata mereka adalah merek-merek yang dapat dikenali.
Dalam rangka menyeimbangkan pesan identitas perusahaan dewasa ini, penting juga untuk mempertimbangkan kekuatan pesan emosional perusahaan dalam konteks kekuatan pesan visual. Sama seperti makna emosional merek yang perlu berevolusi dari makna yang didikte ke makna yang personal, ekspresi grafis merek juga perlu berevolusi dari “ dampak” ke “kontak”. (gaya grafis dan identitas yang “personal” cenderung lebih ilustratif dan imajinatif, sementara gaya grafis dari identitas yang “didikte” cenderung lebih abstrak). Kedua aspek ini mesti dikelola sedemikian rupa sehingga dapat menciptakan pesan yang tepat. Model didikte dan model dampak jelas merefleksikan sikap konsumen yang lebih pasif, sementara model personal dan model kontak yang lebih baru menyiratkan hubungan yang bilateral yang lebih erat. Akhirnya, logo-logo kini mulai didesain secara khusus untuk menjembatani kesenjangan antara perusahaan dan konsumen, dan desain-desain logo yang bermerek dan “terhubung” ini dapat membantu untuk menentukan dan mengkomunikasikan kepribadian perusahaan yang diharapkan dengan lebih baik. (foto : flickr.com)


0 Responses to “Konsep Logo”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


sohibrama@gmail.com

soekarno falls

More Photos
Internet Sehat

Pengunjung

  • 213,236 hits

butuh buku ini email ajah:

kontak online

Hidup…Kawanku

Assalamu'alaikum Wr Wb, kawan, tidak selamanya kehidupan ini sulit bila kau ditemukan dalam susah hati itu hanyalah kebetulan saja apabila kita ditemukan dalam keadaan gembira itupun hanya kebetulan saja hidup ini adalah sesuatu yang sementara kita dapat menjadi senang dalam suatu waktu dan kita bisa sedih dalam suatu waktu Wassalamu'alaikum

Biennale Jogja XI

telpon kita :

Call kawanrama from your phone!

Categories

March 2009
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
PageRank

kunjungan

free counters

RSS media ide periklanan

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS berita indonesia

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS kompas

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Muka Pembaca

View My Profile community View My Profile View My Profile View My Profile

RSS bola

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS inggris

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
Yuk.Ngeblog.web.id

%d bloggers like this: