22
Mar
09

brand

brandblack in news :Pengertian atau definisi brand berubah dari waktu ke waktu seiring perubahan waktu itu sendiri.
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 Tentang Merek :
Merek adalah tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf- huruf, angka- angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur- unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa. (Pasal 1 Ayat 1)
Dahulu:  “a brand is name, term, symbol or design or a combination of these which is intended to identify the goods or service one group of sellers and differentiate them from those competitors (Philip Kotler).
Kemudian, a visual design and / or name that is given to a productor service by an organization in order to differentiate it from the competing products and which assures consumers that the product will be high and consistent quality (Richard Koch).”

Sekarang, sebuah produk, baru layak disebut brand bila telah berhasil “mengisi” hati konsumennya. Merupakan dari hidup. Attitude (Just Do it – Nike). ‘Cult’  kata Kafi Kurnia.
(black community)Membangun suatu brand merupakan suatu tugas berat yang harus dilakukan. Salah satu hal penting dalam strategi membangun brand adalah menentukan yang biasa disebut “Brand Architecture”.
Brand Architecture adalah suatu strategi penyusunan brand yang menentukan hubungan antara brand dalam suatu perusahaan. Strategi ini sangat penting mengingat Brand Architecture yang ditampilkan akan mempengaruhi konsumen dalam memandang dan mempersepsikan brand-brand yang ada dalam suatu perusahaan sekaligus mempengaruhi konsumen dalam membuat keputusan pembelian.
Secara ekstrim ada dua strtegi pembagian dalam penyusunan bBrand Architecture yaitu: Monolitic yang berkonsentrasi pada induk perusahaan, serta Pluralistic dimana konsentrasi lebih ditekankan pada produk yang beragam. Masing – masing strategi ini memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.
a. Monolitik
Strategi branding monolitik menekankan branding pada induk perusahaan tunggal. Strategi ini seringkali diterapkan pada perusahaan yang memiliki range produk dan karakteristik pasar yang jelas dan terbatas. Penerapan strategi ini memiliki kekuatan penyampaian pesan yang sederhana, tegas dan jelas, sehingga pasar akan dapat mengenali brand dengan mudah.
Namun demikian sesuai dengan kesederhanaan dan keterbatasannya, penerapan brand monolitik ini seringkali tidak dapat dipertahankan saat perusahaan memutuskan untuk memasuki pasar yang sama sekali baru.
b. Pluralistik
Tidak dapat disangkal bahwa membangun brand monolitik yang kuat merupakan suatu strategi yang ampuh di tengah–tengah kondisi pasar yang penuh sesak. Mengarahkan segenap daya dan usaha untuk membangun super brand tunggal merupakan suatu strategi yang acapkali dipandang lebih solid daripada membangun sekelompok brand. Namun demikian kompleksitas gaya hidup modern telah menciptakan pasar bagi berbagai macam produk untuk berbagai macam kebutuhan dan bagi berbagai jenis customer. Akibatnya seringkali perusahaan mau tidak mau harus menciptakan berbagai macam brand untuk dapat menjangkau semua jenis target pasarnya yang beraneka ragam.
Mengembangkan dan menjaga brand merupakan tugas yang penting dan mahal. sebuah merek dagang perusahaan mempunyai beberapa tujuan. Ia merupakan alat periklanan dan pemasaran yang penting untuk membedakan produk-produk perusahaan dari para kompetitornya. Jika tidak ada brand, tidak akan ada periklanan. Brand dengan mudah dapat dikenal sebagai alat promosi produk perusahaan sehingga akan segera dapat dikenali oleh konsumen.
Brand juga bertindak sebagai pengendali mutu bagi konsumen, memberikan jaminan kepada mereka bahwa produk A atau produk B akan sama kualitasnya, tidak masalah kapan atau dimana produk tersebut dibeli. Tanpa brand, konsumen tidak dapat menebak kualitas sebagian besar produk dan pabrikan tidak akan memiliki alat untuk mengembangkan kesetiaan pelanggan.(image:http://darmano.typepad.com)


0 Responses to “brand”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


sohibrama@gmail.com

soekarno falls

More Photos
Internet Sehat

Pengunjung

  • 213,236 hits

butuh buku ini email ajah:

kontak online

Hidup…Kawanku

Assalamu'alaikum Wr Wb, kawan, tidak selamanya kehidupan ini sulit bila kau ditemukan dalam susah hati itu hanyalah kebetulan saja apabila kita ditemukan dalam keadaan gembira itupun hanya kebetulan saja hidup ini adalah sesuatu yang sementara kita dapat menjadi senang dalam suatu waktu dan kita bisa sedih dalam suatu waktu Wassalamu'alaikum

Biennale Jogja XI

telpon kita :

Call kawanrama from your phone!

Categories

March 2009
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
PageRank

kunjungan

free counters

RSS media ide periklanan

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS berita indonesia

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS kompas

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Muka Pembaca

View My Profile community View My Profile View My Profile View My Profile

RSS bola

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS inggris

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
Yuk.Ngeblog.web.id

%d bloggers like this: