11
Mar
09

bersahabat dengan marah…(Blackinnovationawards)

noormarah itu penting dalam sebuah kreativitas, marah kok enggak jadi-jadi ya kerjaan ini, marah jadi orang bodoh…marah untuk berkreasi. Marah adalah suatu kodrat yang pasti dimiliki manusia. Dengan marah kita punya momentum untuk berkreasi dan dengan marah kita punya daya rasa. ketika kita marah-marah sebenarnya kita mengeluarkan suatu energi yang kita pendam. Masih ingat dulu banget, bagaimana ketika saya marah, marah menghadapi dua pilihan yang semuanya harus saya pilih antara bekerja di Jakarta dengan hasil maksimal atau bekerja di daerah dengan hasil minimal tetapi dengan daya kreasi yang terus berkembang. Ketika itu dua pilihan ini susah banget untuk dipilih. Siapa sih yang enggak mau materi tetapi dengan kondisi kehidupan sehari-hari yang terus kerja, dan kerja di jogja dengan ekspetasi rasa yang berkembang terus dan terus. Dengan marah akhirnya saya memilih pilihan yang saya anggap betul, saya tidak peduli dengan kehidupan nanti bagaimana, biarlah kehidupan ini yang membimbing saya. Nyatalah…pilihan itu sangat benar…kehidupan yang saya pilih sekarang adalah right choice… saya jadi inget dengan kakak angkatan saya di Pasca Sarjana ISI Jogja, namanya Noor Ibrahim, dia ini adalah seorang pematung dan karyanya…akhir-akhir ini banyak di pamerkan di scope nasional maupun internasional. Karakter khas dari karya patung Noor Ibrahim, ditemukan setelah ia melakukan berbagai pencarian yang cukup panjang dan penuh ketidakpastian. Dulu ketika dia kuliah di Pasca, dia ambil cuti, mungkin dana seorang seniman yang terbatas, tetapi kalo sekarang sih ketemu dengan dia…dia sudah naik kendaraan yang menurut saya mewah…ceritanya bagaimana Noor Ibrahim menemukan karakter khas patungnya adalah karena dia melakukan dengan marah yang memunculkan suatu perasaan lepas…kalo kata jarum black is Blackinnovationawards!!

Pada suatu ketika di tengah kesuntukan berkarya dan kepungan frustrasi serta keputusasaan, Ibrahim mengalami kekesalan yang amat sangat dengan projek patung yang sedang digarapnya. Tidak sukses ya ngberkepanjangan menghantui. Akibatnya ia memukuli karya yang belum jadi itu, hingga pengak-pengok, kemudian melemparkannya ke luar rumah. Saking lelahnya terlelaplah ia. Selang beberapa waktu kemudian seorang tetangganya yang kebetulan lewat tempat tinggalnya mengangkat dan meletakkan karya yang ‘gagal’ itu ke halaman rumah yang ditinggali Ibrahim. Ternyata, karya pengak-pengok itu terlihat lain di mata istrinya yang dengan spontan tulus menyatakannya sebagai karya patung yang indah sekali. Pengak-pengok spontan bekas hujaman palu yang ekspresif itu merupakan sesuatu yang baru, boleh jadi kelihatan sangat menarik waktu itu. Ini sebenarnya hanyalah gejala biasa, yaitu bahwa mata kita baru terbuka lebih lebar apabila melihat sesuatu yang baru. Kebaruan dan kesegaran sering membuka pikiran jenuh. Kaitannya apa dengan perjalanan patung Ibrahim? Ide-ide cemerlang dan cara pandang yang terang-benderang hanya menyelinap ke benak orang yang benar-benar mencari, atau singgah ke diri orang yang mentalnya dibiarkan aktif memburu sesuatu, guna menjawab permasalahan yang tengah dihadapi. Sesunggunya ide-ide itu mengalir melimpah, dan ada di mana-mana. Cemerlang atau tidaknya tergantung pada cara pandang kita. Sekecil apa pun ide itu, tidak pernah gagal ia untuk menjadi sesuatu. Ia akan menjadi luar-biasa bila terus digali dan diolah. Persoalannya adalah apakah kita mau dan mampu melihat dan mengelola ide, atau tidak. Dalam momen-momen kritis itu tiba-tiba Noor Ibrahim menangkap terang disekitar pengak-pengoknya patung ‘gagal’ yang dipukulinya sendiri itu. Ayunan dan pukulan godam dipakainya sebagai cara yang unik untuk membentuk figur patungnya. Sampai sekarang, di dunia seni patung di Indonesia, teknik pukul palu/godam Ibrahim terbilang khas…

Marah adalah kodrat Illahi…sehingga sebuah passion akan hadir dalam tiap gerak langkah kita…seperti Noor Ibrahim…dia marah dengan kebuntuan kreativitas dia membuat karya itu dengan sebuah hantaman godam yang memiliki passion…memiliki jiwa …jiwa untuk berkreasi…jarum black slimz….(foto noor ibrahim dari: http://www.galeri-nasional.or.id)


1 Response to “bersahabat dengan marah…(Blackinnovationawards)”


  1. March 12, 2009 at 6:15 pm

    Boss… wah, makin berkibar2 dan berkobar2 aja neh !!!!… Ngomong2 gw kemaren ditelp dari Bakrie… katanya dapet nomer dari si Boss… wah… gimana neh ??? Gw musti ngapain?? kata ‘mbak’nya gw suruh hub si Boss yg tau alamat email ‘mbak’nya… Tapi gw masih belon tau, gw suruh ngapain gitu… konsekwensinya… namanya… syaratnya… Piye Boss ??

    rama said:
    ha…ha…mbuh ah…terserah antum wae arep ditompo arep ora…yo antum sing merdeko…lah wong ditawari dadi dosen neng nggon ku emoh sih…he…he….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


sohibrama@gmail.com

soekarno falls

More Photos
Internet Sehat

Pengunjung

  • 213,236 hits

butuh buku ini email ajah:

kontak online

Hidup…Kawanku

Assalamu'alaikum Wr Wb, kawan, tidak selamanya kehidupan ini sulit bila kau ditemukan dalam susah hati itu hanyalah kebetulan saja apabila kita ditemukan dalam keadaan gembira itupun hanya kebetulan saja hidup ini adalah sesuatu yang sementara kita dapat menjadi senang dalam suatu waktu dan kita bisa sedih dalam suatu waktu Wassalamu'alaikum

Biennale Jogja XI

telpon kita :

Call kawanrama from your phone!

Categories

March 2009
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
PageRank

kunjungan

free counters

RSS media ide periklanan

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS berita indonesia

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS kompas

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Muka Pembaca

View My Profile community View My Profile View My Profile View My Profile

RSS bola

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS inggris

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
Yuk.Ngeblog.web.id

%d bloggers like this: