10
Mar
09

wah…blogger kok dikalahkan pesbuk…??”%$#@

uh enggak salah bahwa teknologi tatap muka virtual engga di kantin di mall, di arisan emang paling laku. Budaya ngomong ngalor ngidul…dan komentar asbak…eh asbun tetap menjadi menu favorit di negara ini, kegiatan saling sapa cuman dengan kata “gue….lagi nongkrong di wc…” terus dikomentarin oleh temen-temen….waduh…apa-apaan ini kayaknya disinformatif banget budaya gini. Coba…dalam hitungan waktu kita ingat…berapa lama kita ngefesbuk didepan laptop dan komputer kita…dan coba bandingkan kalo kita ngeblog….pasti kita akan terheran-heran bahwa budaya kita ngefesbuk… udah jadi addict…banget… dalam kegiatan komunikasi keinginan saling menyampaikan dan saling menciptakan hubungan yang semakin baik memang mutlak dibutuhkan bila interaksi itu ingin terbentuk permanen. Cuman sangat berlebih kalo kegiatan fesbuk jadi sebuah candu”asmara” bagi hidup kita…kok kayaknya labour of communication-yah… jadi kalo dipikir-pikir fesbuk itu termasuk kategori komunikasi yang mana yah…dalam sebuah istilah  black community, kelompok  diharapkan memiliki dan memerlukan suatu karakter kelompok yang beda dengan karakter lainnya. Kegiatan komunikasi sendiri di pilah-pilih dalam sebuah beberapa karakter, yaitu :

1. Kom. Informatif.

Komunikasi informatif adalah jenis komunikasi yang bertujuan memberikan informasi atau penjelasan. Isi informasi itu sendiri bisa bersifat pemaparan pandangan misalnya penjelasan mengenai pelaksanaan otonomi daerah. Ada tiga hal yang harus diperhatikan agar komunikasi informatif ini dapat berhasil yaitu:

(a) menarik perhatian;

(b) mengusahakan agar komunikan bersedia menerima isi pesan:

(c) komunikan bersedia menyimpan isi pesan.

2. Kom. Intruksional.

Komunikasi yang terjadi dalam proses belajar mengajar, antar guru dengan siswa atau antar pelatih dengan yang dilatih. Tahap-tahap penerimaan pesan sama dengan yang terjadi pada komunikasi informatif, tetapi disini efektifitas lebih mudah tercapai karena sudah terjadi semacam kontarak antar komunikatoer dengan komunikan, yaitu bahwa komunikator berperan sebagai guru sedangkan komunikan sebagai murid.

3. Kom. Persuasif.

Tahap-tahap penyampain efektifitas komunikasi persuasif sama dengan komunikasi informatif, tetapi tujuannya lebih jauh lagi, yaitu mengajak komunikan untuk bertindak sesuai dengan isi pesan komunikator. Komunikan diberi pandangan-pandangan baru lalu diajak meneliti kembali kerangka acuan bertindak dan pola tingkah lakunya selama ini, dan akhirnya dibujuk untuk mengubah kerangka acuan dan pola bertindaknya itu sesuai dengan yang dikehendaki komunikator.

4. Kom. Hiburan.

Komunikasi hiburan bertujuan untuk menghibur. Meskipun tahap-tahap prosesnya sama dengan jenis komunikasi lainnya, pencapaian tujuannya lebih ringan daripada ketiga jenis informasi lainnya, karena tidak perlu mengubah pandangan ataupun pola tindak komunikan. Tetapi, untuk dapat menjalankan komunikasi menghibur dengan berhasil, komunikator perlu mengetahui keadaan komunikan. Kalau tidak, pesan yang diharapkan menghibur mungkin bisa diterima sebagai penghinaan.

Komunikasi hiburan kali yah….fesbuk tolong dong…kegiatan blog jangan diancurin…karena kegiatan kreatif mengolah rasa kata kita lah…fesbuk mengolah apa? ngolah…


2 Responses to “wah…blogger kok dikalahkan pesbuk…??”%$#@”


  1. March 11, 2009 at 6:46 pm

    Setuju… akue lebih sUka NgeBlogging dari pada ngefesbok…..padahal akue ja gak punya facbok..
    coz dah cinta dengan Blog c… hehehe…..
    KeeP BlogIng ya….;.

    Banzai!!!!

    accan

    Rama said :
    iya yah…di fesbuk sebenarnya ada juga bagusnya yaitu…mencari obor yang udah padam alias komunikasi yang terputus…tapi kalo udah komentar kosong di tanggepin jadi sebuah subjek pembicaraan kok…naif banget ya…hidup blog deh!! kreativitas never die!!

  2. September 8, 2009 at 1:46 am

    kulonuwun, saya mengcopy informasi yg ada dlm wp ini. trimakasih..sangat bermanfaat

    Rama said:
    siap… for blogger we are sister and brother….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


sohibrama@gmail.com

soekarno falls

More Photos
Internet Sehat

Pengunjung

  • 213,125 hits

butuh buku ini email ajah:

kontak online

Hidup…Kawanku

Assalamu'alaikum Wr Wb, kawan, tidak selamanya kehidupan ini sulit bila kau ditemukan dalam susah hati itu hanyalah kebetulan saja apabila kita ditemukan dalam keadaan gembira itupun hanya kebetulan saja hidup ini adalah sesuatu yang sementara kita dapat menjadi senang dalam suatu waktu dan kita bisa sedih dalam suatu waktu Wassalamu'alaikum

Biennale Jogja XI

telpon kita :

Call kawanrama from your phone!

Categories

March 2009
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
PageRank

kunjungan

free counters

RSS media ide periklanan

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS berita indonesia

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS kompas

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Muka Pembaca

View My Profile community View My Profile View My Profile View My Profile

RSS bola

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS inggris

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
Yuk.Ngeblog.web.id

%d bloggers like this: