21
Feb
09

malu kalo iklan berlembar-lembar…

black in news:hari ini baca koran nasional…wah kaget juga ada suplemennya yang berlembar-lembar, dibaca dari kiri kekanan, eh tahunya iklan jual pribadi, begini nih mau menuju pemilu semua berlomba-lomba cari ruang untuk menunjukkan siapa “kite” emang siapa? setahun lalu jarang ya…ada yang begitu baik bagi-bagi uang ke rakyat bawah…eh…sekarang enggak dinyana malah buang uang tapi dengan alih2 pilih “kite” yah….Gimana kita mau enggak curiga yah…dengan direct sales seperti ini? kalo dia kehabisan uang buat jual diri lalu kepilih apa mereka enggak berlomba-lomba juga berpikir cara unuk ngembaliin uang yang udah mereka tebar…gimana enggak curiga?? membuat iklan dengan dalih untuk dikenal memang masih merupakan fenomena yang mungkin menjadi perdebatan antara efektif atau hanya buang uang saja. Maaf, kita agak masuk ke ranah hiii…politik, tapi tetep, kita bahas aspek iklannya kok endak mau terjerumus kedalam aspek praktisnya. Iklan politik dengan dana yang sangat banyak dan berlembar-lembar dalam memuat aspek visi dari si calon memang sangat efektif karena iklan memang :

1. sangat efisien untuk short term memory

2. bisa membuat stopping power

3. mengganggu kerja memori

4. dan yang terakhir…mensugesti kita.

Banyak dibahas tentang aspek diskomvisnya iklan “percalonan” ini for black community, yang katanya enggak peka visual lah…cuman mau menang sendirilah…kejahatan visual lah…tapi sebenarnya yah…memang ini hard sale kok, masyarakat diharapkan ngeh dan ngerti bahwa yang buang uang (beriklan maksudnya) adalah kita…masa udah buang uang banyak cuman dapet keplokan ya harus dapet kepercayaan dong untuk dipilih dengan mereka hapal wajah si pembuat iklan. Tapi, apa segitu pendeknya seseorang untuk dapat dipercaya masyarakat hanya karena lihat iklan lalu terus percaya…? dalam teori lama iklan ada istilah desire…yaitu masyarakat berhasrat untuk percaya si calon bukan hanya “ada” saja, masyarakat memiliki sisi psikologis sendiri yang bisa dikatakan bahwa :

1. Masyarakat mempunyai sisi yang mereka aktif dalam mengambil keputusan mereka mempersepsikan perbedaan antara keadaan yang diinginkan mereka dan situasi aktual sekarang ini

2. Masyarakat giat mencari informasi dalam memori mereka apakah mereka kenal tidak yah… dengan si calon? dan dibenturkan dengan informasi yang relevan dengan keputusankeputusan disekelilingnya

3. Masyarakat mencari evaluasi pilihan alternatif berkenan dengan manfaat yang lebih.

4. Apakah sicalon memenuhi harapannya atau tidak.

ya …itulah kegiatan psikologis bila para calon dapat berpikir sebelum bertindak, ada wilayah lokal yang seharusnya mereka gerakkan, jangan hanya tempel-pasang-gambar dirinya di tiap media massa yang ada ataupun media-media lainnya. Jadi ketika ada calon beriklan hingga berlembar-lembar apakah dibaca oleh masyarakat…wah…kita aja males….he…he…


4 Responses to “malu kalo iklan berlembar-lembar…”


  1. February 21, 2009 at 10:08 am

    salam mas….
    respect aja….
    lagian banyak iklan caleg yang menutupi, menggangu, bahakan merusak mural dan graffiti yang menjadi salah satu landmark Jogja dan perjuangan Jogja Mural Forum… he…
    hari ini/kemarin (20 feb) saya baca tulisan pak Sumbo di KR tentang iklan pemilu (caleg) yang di vandal, karena ke’narsisan’ para calon yang berlebihan, yang membuat para penonton iklan yang disebut adalah ‘target audience’ nya MUAK dengan iklan2 tersebut…
    pak Sumbo juga meng’klaim’ itu adalah ‘hukum karma’ yang menimpa para pemasang buget besar untuk iklan2 tersebut….
    apakah ini menunjukkan jumlah GOLPUT pada pemulu kali ini semakin meningkat? atau apakah masyarakat sudah bosan dengan pemilihan umum, atau malah gak ada kepercayaan lagi pada pemerintah,
    toh kata sebagian orang “gak ada bedanya, ada pemilu atau enggak” “cari makan tetap sulit”

    lalu biaya besar untuk memasang iklan2 tersebut apa gunanya?? mau di kemana’in..?
    lebih nymabang mesjid, tempat ibadah. pendidikan, sumbangan buat orang miskin, atau membeli beras yang banyak bagi kau du’afa…

    salut…

    salam…


    Rama said:
    enggak ada salahnya sih bagi-bagi rejeki ama orang iklan (he4x kita juga kan kebagian rejeki) cuman yah…jangan berlebihan…ya toh…”Innalloha layuhibulmu’tadiin” ah malah ceramah…thanks ball…

  2. 2 DA
    February 26, 2009 at 8:44 pm

    Halo Pak…
    Memang saya tidak telalu up date dengan kampanye caleg di Jogja…
    Tapi tidak jauh berbeda dengan yang saya alami di Palembang…
    Ada salah satu caleg partai (sebenernya klien sendiri) yang benar2
    jor-joran mengkampanekan dirinya…dari media cetak, out door, ambient media, mobile ad, web site, hingga pembuatan posko yang berisikan satgas-satgasnya…
    GILA POKOKNYA…
    Untuk proof design aja harus melewati penjagaan yg berlapis-lapis, dah kaya’ mw ketemu orang penting aj…

    Santer terdengar banyak pula yg mendukung beliau, tapi banyak juga yang tdk simpatik, dkarenakan satgas-satgasnya yg berulah layaknya militer…

    Dan menurut saya yang lebih gila, beliau punya surat kabar sendiri yang didalamnya berisikan artikel, advetorial dan iklan-iklan beliau…

    dasar orang berduit….

    rama said :
    sama….ya gitu kemarin akupun gitu….sampai cape dan sekarang free dulu deh ama orderran yang kayak gitu cape ….

  3. 3 DA
    March 5, 2009 at 3:08 am

    Pak klo dpt order lg boleh ikut g…
    Y nyuri ilmu dr bapak skalian refresh otak…

    G dibayar ga’papa…

    Saking cumpetnya dsni sampe-sampe g bs nrima ilmu baru dgn maksimal….

    Rama said :

    oke dang..sip lah…cuman aku minggu2 ini lagi konsentrasi mau ngelanjuti S3 dan ngerjain 2 penelitian yang udah dibiayai pemerintah tapi enggak kelar2…dan lagi demen mandang sepeda onthel ha….ha…yang terakhir sih off the record…

  4. 4 DA
    March 5, 2009 at 5:26 pm

    woke-woke…

    semangat y pak..

    rama said :

    iya…kamu juga nun jauh disana semangat dong jangan cengeng…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


sohibrama@gmail.com

soekarno falls

More Photos
Internet Sehat

Pengunjung

  • 213,125 hits

butuh buku ini email ajah:

kontak online

Hidup…Kawanku

Assalamu'alaikum Wr Wb, kawan, tidak selamanya kehidupan ini sulit bila kau ditemukan dalam susah hati itu hanyalah kebetulan saja apabila kita ditemukan dalam keadaan gembira itupun hanya kebetulan saja hidup ini adalah sesuatu yang sementara kita dapat menjadi senang dalam suatu waktu dan kita bisa sedih dalam suatu waktu Wassalamu'alaikum

Biennale Jogja XI

telpon kita :

Call kawanrama from your phone!

Categories

February 2009
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  
PageRank

kunjungan

free counters

RSS media ide periklanan

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS berita indonesia

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS kompas

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Muka Pembaca

View My Profile community View My Profile View My Profile View My Profile

RSS bola

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS inggris

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
Yuk.Ngeblog.web.id

%d bloggers like this: