10
Feb
09

Harga Iklan politik…segitu mahalnya…

Ajaib! iklan memang ajaib dari sesuatu yang zero menjadi sesuatu yang hero cuman karena iklan ada partai yang notabene anak kemarin sore karena iklan bisa jadi terkenal…juga karena iklan, ha…ha…banyak utang! Ada release dari Wakil Ketua Gerindra Fadli Zon bahwa pada April 2008 banyak orang tidak mengenal apa itu gerindra, angka statistiknya cuman 3% responden tahu apa itu gerindra yang berikon kepala garuda…Namun ketika dilakukan survey kembali di bulan Juni pada tahun 2008 juga angka itu meningkat menjadi 59% pada bulan Agustus, di bulan Oktober bahkan menjadi 84%. kalau sekarang Pebruari….ya asumsinya 100% tahu semua dong…”gerindra…”(ngomongnya kayak di iklan🙂. Bahkan karena iklan pula dalam kegiatan penyebaran Kartu Tanda Anggota partai hampir 8 juta orang secara aktif mengembalikan formulir untuk jadi anggota…”gerindra…”

Bahkan Partai Demokrat pun sudah jor-joran iklan, mereka sangat sadar iklan mengangkat aspek atau opini positif terhadap partai demokrat. Bahkan, LSI dalam surveynya…menyatakan pada Desember kemarin 23% responden akan mencoblos aktif terhadap partai demokrat ini…

Sebegitukah hebatnya iklan…jawabannya mudah…YA! Iklan adalah permainan psikologi, dia merasuki urat nadi audiencenya, seperti acara termehek-mehek yang ratingnya tinggi eeee taunya cuman skenario semata…kapusan penontonnya kasihan… A Nielsen Media Indonesia mencatat biaya politik untuk kegiatan pencalegan tahun ini sudah mencapai : 2,208 trilyun, ini naik sekitar 66 persen dibandingkan tahun 2007 yang ada di kisaran 1,327 trilyun…mahal ya…

Mengapa biaya iklan politik di Indonesia sangat tinggi…sederhana jawabannya : para calon legislatif kita sebenarnya mereka kurang terjun ke masyarakat, mereka tidak dikenal oleh masyarakat….bahkan bisa dibilang mereka tidak tahu siapa masyarakat yang mereka wakili…jadi mereka tidak berani untuk terjun langsung ke masyarakat…Kalau mereka sering menyambangi rakyat…ya enggak butuh tuh iklan-iklanan segala…(contohnya garam enggak perlu diiklankan kan orang butuh ya?) semakin tingginya biaya untuk iklan politik sebenarnya mengidentifikasikan para pejuang partai di Indonesia tidak dikenal masyarakat dan masyarakat tidak tahu mereka sehingga iklan dibutuhkan…so…kalau mereka jadi apakah memang akan memperjuangkan para rakyat yang mereka janjikan akan diwakilkan aspirasinya….wah Wallahualam bisawab…enggak curiga deh…

mereka menggunakan iklan untuk mendobrak Empat tipe masyarakat yang :

Pertama, tipe tradisional yang cenderung memuja seorang tokoh. Tipe ini tidak mempedulikan pada program partai yang ditawarkan, karena apa yang dilakukan tokohnya adalah yang terbaik. tipe rasional yang cenderung berdasar pada tawaran politik partai. Program-program yang masuk akal dan termasuk langkah secara rasional akan menjadi kekuatan untuk menarik pendukung. Selain itu, usaha nyata juga harus dilakukan sebagai langkah awal untuk meyakinkan konstituen. ipe kritikal yang cenderung lebih konservatif pada kecocokan ideologi. Masyarakat tipe ini cenderung akan membentuk kelompok sendiri ketika aspirasinya tidak tersalurkan. tipe skeptis yang cenderung tidak perduli pada tawaran partai apapun. Kelompok ini merupakan dampak dari kekecewaan atas janji partai sebelumnya.

Dari data yang ada: iklan partai politik ini sangat tinggi dan hanya kalah oleh iklan Produk seluler, yaitu luna maya dan monyetnya. Sebenarnya kita para praktisi iklan seikit mengkhawatirkan bahwa iklan politik yang ada itu bermunculan dengan tingkat kesadaran informasi tentang kegiatan partai yang sangat rendah di Indonesia, sehingga pemilih hanya memilih karena “selebritas” para tokoh yang ada diiklan bukan program yang akan mereka perjuangkan (ya iyalah…iklan kan singkat padat dan efisien serta efektif…menusuk jantung), Partai sebenarnya harus mampu mengedukasi, memperbaiki keadaan dan memberi contoh langsung ke masyarakat,” kata dosen pascasarjana Fakultas Ekonomi UI Firmanzah. Kondisi seperti ini hanya mencerminkan kesadaran politik berupa simbol saja, bukan atas dasar bagaimana credit poin tokoh tersebut….ya begitulah iklan…mahal tapi cepet terkenal…siapa mau….mau….mau….


0 Responses to “Harga Iklan politik…segitu mahalnya…”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


sohibrama@gmail.com

soekarno falls

More Photos
Internet Sehat

Pengunjung

  • 213,125 hits

butuh buku ini email ajah:

kontak online

Hidup…Kawanku

Assalamu'alaikum Wr Wb, kawan, tidak selamanya kehidupan ini sulit bila kau ditemukan dalam susah hati itu hanyalah kebetulan saja apabila kita ditemukan dalam keadaan gembira itupun hanya kebetulan saja hidup ini adalah sesuatu yang sementara kita dapat menjadi senang dalam suatu waktu dan kita bisa sedih dalam suatu waktu Wassalamu'alaikum

Biennale Jogja XI

telpon kita :

Call kawanrama from your phone!

Categories

February 2009
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  
PageRank

kunjungan

free counters

RSS media ide periklanan

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS berita indonesia

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS kompas

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Muka Pembaca

View My Profile community View My Profile View My Profile View My Profile

RSS bola

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS inggris

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
Yuk.Ngeblog.web.id

%d bloggers like this: