30
Jan
09

Perang Iklan PDIP dan Demokrat “Sadarlah iklan memang persuasif:!…”

62328_hari_pertama_perdagangan_bei_di_tahun_2009

Dalam sebuah rumus iklan yang dikemukakan Rhenald Kasali dikemukakan bahwa iklan seharusnya memuat rumus :

1. Attention (perhatian)

2. Interest (minat)

3. Desire (kebutuhan)

4. Conviction (keinginan)

5. Action (tindakan)

Nah, ketika sekarang musim mencari perhatian ke publik bagi parta-partai, maka sadar enggak sadar “partai” sebagai sebuah produk ya…akan menciptakan rumus itu kedalam media pesannya. Dalam elemen Attention, iklan harus mampu menarik perhatian khalayak sasaran. Untuk itu, iklan membutuhkan bantuan uhal-hal yang bersifat “khusus”. Untuk elemen Interest, iklan berurusan dengan bagaimana publik berminat dan memiliki keinginan lebih jauh setelah melihat iklan. Publik harus dirangsang agar mau membaca, mendengar, atau menonton pesan-pesan yang disampaikan. Selain itu, iklan juga harus memiliki komponen Desire, yaitu mampu menggerakkan keinginan Publik untuk memiliki atau menikmati Iklan/pesan tersebut. Setelah itu, iklan juga harus mempunyai elemen Conviction, yang artinya iklan harus mampu menciptakan kebutuhan terhadap publik. Publik mulai goyah dan emosinya mulai tersentuh untuk melakukan apa yang dikatan dalam pesan iklan tersebut. Akhirnya, elemen Action berusaha membujuk calon audiencenya agar secepat mungkin melakukan suatu tindakan sesuai keinginan publik. Jadi, ya…iklan memang seperti itu…

Pada hari Kamis kemarin di salah satu Media cetak nasional memuat suatu iklan partai yang saling Komparatif dan menohok satu sama lain untuk dipercaya publik, sadar enggak sadar publik diharapkan percaya terhadap apa yang dikemukakan oleh iklan tersebut, saling serang terlihat dalam copy-nya. Berapa rupiahkah yang harus dikeluarkan iklan tersebut untuk dapat dimuat di Suratkabar tersebut? Wah…setahu saya bisa sekitar 300 jutaan tuh…Bayangkan itulah mahalnya iklan untuk dapat dipercaya konsumen. Seberapa pentingkah iklan untuk mempersuasi orang? Waduh ya…sangat penting. Iklan itu memuat moment emosi kok, jadi perubahan psikologi dalam diri kita dapat di drive begitu saja oleh iklan (pesan yang dibayar dan disampaikan melalui sarana media, antara lain: pers, radio, televisi, bioskop, yang bertujuan membujuk konsumen untuk melakukan tindak membeli atau mengubah perilakunya (Nuradi, 1996:4). Iklan dewasa ini sudah dapat memasuki wilayah afeksi kita sehingga apa yang dikatakan oleh teori lama tentang iklan, yang mengemukakan iklan hanya masuk ke wilayah kognitif udah tidak berlaku lagi. Menurut T. Sutanto (2005:15-16) menyatakan, komunikasi visual senantiasa berhubungan dengan penampilan rupa yang dapat diserap orang banyak dengan pikiran maupun perasaannya; rupa yang mengandung pengertian atau makna, karakter serta suasana, yang mampu dipahami (diraba dan dirasakan) oleh khalayak umum atau terbatas.

Cuman apabila ada sebuah perang dalam sebuah iklan ada etikanya enggak ya…oke, kita lihat dalam buku Etika Pariwara Indonesia terbitan 2005 yang dikeluarkan P3I, pada poin Tata Krama tentang iklan perbandingan, ditulis :

1.19.2 Jika perbandingan langsung menampilkan data riset, maka metodelogi, sumber dan waktu penelitiannya harus diungkapkan secara jelas. Penggunaan data riset tersebut harus sudah memperoleh persetujuan atau verifikasi dari organisasi penyelenggara riset tersebut

1.19.3 Perbandingan tak langsung harus didasarkan pada kriteria yang tidak menyesatkan khalayak.

Jelaskan aturan main tata krama kita, ya…iklan adalah iklan: artinya iklan itu untuk mempersuasi, dan kita sebagai publik percaya enggak sama iklan yang ditayangkan tersebut. Bila iklan itu tidak dipercaya publik…walah ya iklan itu mubazir?, dan kreatif iklan harus besusah payah lagi untuk mencari visual yang lebih baik lagi…bisakan? Mau?


2 Responses to “Perang Iklan PDIP dan Demokrat “Sadarlah iklan memang persuasif:!…””


  1. March 5, 2009 at 7:24 pm

    buat adv yang bikin iklan, tuh dengerin…

    rama said :

    ya dengerin tuh…he….he….

  2. 2 Bagoes
    June 22, 2009 at 12:26 am

    Thank’s saya butuh artikel ini buat tugas kuliah!!! heheheheheeee


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


sohibrama@gmail.com

soekarno falls

More Photos
Internet Sehat

Pengunjung

  • 213,112 hits

butuh buku ini email ajah:

kontak online

Hidup…Kawanku

Assalamu'alaikum Wr Wb, kawan, tidak selamanya kehidupan ini sulit bila kau ditemukan dalam susah hati itu hanyalah kebetulan saja apabila kita ditemukan dalam keadaan gembira itupun hanya kebetulan saja hidup ini adalah sesuatu yang sementara kita dapat menjadi senang dalam suatu waktu dan kita bisa sedih dalam suatu waktu Wassalamu'alaikum

Biennale Jogja XI

telpon kita :

Call kawanrama from your phone!

Categories

January 2009
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
PageRank

kunjungan

free counters

RSS media ide periklanan

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS berita indonesia

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS kompas

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Muka Pembaca

View My Profile community View My Profile View My Profile View My Profile

RSS bola

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS inggris

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
Yuk.Ngeblog.web.id

%d bloggers like this: