23
Jan
09

Out of box ?(iklan kreatif)

Ada pertanyaan bernada marah ketika saya mengkritisi sebuah iklan yang saya anggap aneh. Sebenarnya memang tidak bijak ketika kita mengkritisi sebuah iklan tetapi kita tidak memberikan solusi tentang iklan kreatif itu apa? Sebenarnya iklan kreatif itu bisa ditilik dari bagaimana konsumen atau audience memandang iklan kita dengan nada “amazing” wah asik…oke tuh…atau malah senyum senyum sendiri merasa terhibur, kemudian iklan itu menawarkan sesuatu yang “baru” atau bahasa ilmiahnya sih ada suatu novelty didalamnya dan yang agak berat yaitu bahwa iklan itu memberikan pengalaman ilmu atau perkembangan ilmu iklan tentunya (agak berat sih…). Banyak pengalaman menyadarkan kita bagaimana sebuah iklan bisa merubah pribadi seseorang contohnya : (lagi2 dari luar “ US ARMY NEED YOU, dengan gambar Abraham Lincoln sedang menunjuk kearah anak-anak muda dengan semangat, untuk menjadi tentara AS). Kalau di Indonesia kreatif adalah sebuah kata yang selalu ada bagi teman-teman yang memeras “energi”nya agak lebih, bagaimana saya begitu kagum dengan Hanung Bramantyo ketika ketemu di Pinasthika Jogja terakhir, beliau memberi Brainstorming tentang idealisme kreatif yang dia miliki dan semua orang seperti tidak dihiraukan ketika pencapaian “kreatif” itu belum ketemu. Memang sih, ketika hasil jadi sudah terbentuk, komentar agak sangat mudah muncul dimulut dengan komentar negatif ataupun positif, tetapi bagaimana pencapaian proses kreatif itu terbentuk seringkali kita tidak mau menghiraukannya, Hanung mmbongkar paradigma kita bahwa idealisme = kreatif dan menjual lagi. Banyak iklan yang mengabaikan sisi kreatif muncul di media publik kita dengan tanpa permisi (namanya juga iklan), pendidikan bahasa visual memang harus kita selalu perbaiki. Sebenarnya kita Sadar bahwa iklan itu tidak kreatif, tetapi kita memaksakan diri bahwa iklan itu kreatif, menurut siapa? Menurut pembuatnya kah? Wah…kecap nomer satu dong… Ketika sesuatu dianggap oke atau kreatif ya…kata penilik kreatifitas kita dong…bukan kita, ya enggak ya… Ketika saya melewati jalan ringroad utara, saya melihat sebuah billboad oke dan saya tersenyum simpul ketika melihat iklan ini, beberapa kali ngeliat belum “ngeh” iklan apa ini, tapi itulah rasa keinginantahuan yang harus dibuat oleh iklan.

gal1

gal

Iklannya unik dan asyik, visualnya terdiri dari boneka yang saling usil ke temannya, aneh tapi this is make me smile… Iklan ini sih sebenarnya dikeluarkan oleh Galeria sebuah mall yang paling tua dimiliki oleh kota Jogja dan menjadi sebuah icon “urban jogja “ tempo doeloe. Banyak mahasiswa yang sekolah di Jogja yang mempunyai kenangan tentang Galeria ini. Proses kreatif banyak terbentuk dari mall satu ini, jadinya kemungkinan para visual grafis Galeria Mall enggak mau kalah dengan romantisme kreatif para pengunjungnya. Kalau ditilik dari iklan sejenis (iklan mall, maksudnya) iklan ini tdak menawarkan sebuah isi mall, atau bagaimana mall yang ada menawarkan harga SALE, untuk galeria Mall sama sekali tidak memunculkan itu…itulah yang saya sebut atau banyak temen kreatif bilang …its out of box! Eureka!! Mahluk kreatif dituntut :

• Kreatifitas • Free thinker • Ide-ide brilyant • Masuk dalam golongan apapun Dan orang yang berpikir diluar kebiasaan biasanya mempunyai konsep: • Jangan memberi pelajaran, biarkan mereka belajar • Berpikir dari luar kotak kebiasaan (berdasarkan konsep kreativitas dan adaptabilitas. Jelaskah? Itu yang membuat saya survive hingga saat ini dengan dunia kreatif. Betulkah? Get spirit! (bacalah : Belajar berwibawa)


3 Responses to “Out of box ?(iklan kreatif)”


  1. January 28, 2009 at 5:49 pm

    Yaaa maklum kalau kita gak punya alternatif. Tapi kan kita punya hak untuk menilai

  2. January 28, 2009 at 5:49 pm

    Yaaa maklum kalau kita gak punya alternatif. Tapi kan kita punya hak untuk menilai. Kunjungi saya donk

  3. 3 dre
    February 2, 2009 at 4:59 pm

    maksud dari out of the box itu sendiri apa si??secara detail??
    contoh iklannya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


sohibrama@gmail.com

soekarno falls

More Photos
Internet Sehat

Pengunjung

  • 213,236 hits

butuh buku ini email ajah:

kontak online

Hidup…Kawanku

Assalamu'alaikum Wr Wb, kawan, tidak selamanya kehidupan ini sulit bila kau ditemukan dalam susah hati itu hanyalah kebetulan saja apabila kita ditemukan dalam keadaan gembira itupun hanya kebetulan saja hidup ini adalah sesuatu yang sementara kita dapat menjadi senang dalam suatu waktu dan kita bisa sedih dalam suatu waktu Wassalamu'alaikum

Biennale Jogja XI

telpon kita :

Call kawanrama from your phone!

Categories

January 2009
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
PageRank

kunjungan

free counters

RSS media ide periklanan

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS berita indonesia

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS kompas

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Muka Pembaca

View My Profile community View My Profile View My Profile View My Profile

RSS bola

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS inggris

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
Yuk.Ngeblog.web.id

%d bloggers like this: