13
Jan
09

rasa:View of motivation

dsc_74921

Rasa atau sense adalah salah satu dari daya-daya khusus tubuh manusia, yang dengan apa seseorang menyadari sesuatu (bisa melalui penglihatan, pendengaran, penciuman, sentuhan, atau pengecapan atau gabungan dari dua atau lebih indra-indranya). Dengan rasa kita tidak hanya mengartikan realitas seperti apa adanya, dan memaparkannya secara gamblang hitam-putih, tetapi dengan rasa kita bisa memecah-mecah realitas itu menjadi remah-remah dan dalam berbagai lapisan, untuk kemudian memadukannya kembali menjadi suatu pola baru, yang bagi orang bersangkutan lebih bermakna.

Pemahaman-pemahaman tentang rasa, tentang pentingnya rasa yang sesungguhnya tidak dapat dipisahkan dari pikiran, dan tentang prinsip melebih-lebihkan sesuatu dalam dunia cipta seni guna menampilkan rasa (the very essence of), kiranya perlu digarisbawahi, dipahami, dan dipakai ketika merepresentasi ide-ide melalui karya seni, dan juga dalam menginterpretasi karya seni. Mengapa ini penting? Sebab dalam realita sehari-hari, seperti dalam forum-forum diskusi seni, pendidikan seni, dunia seni, kritik seni, dan wacana seni, berkembang pendapat-pendapat atau teori (cara pandang) yang lebih memberi penekanan pada cara pandang yang dianggap lebih bersifat intelektual atas fenomena seni. Dalam pandangan ini, seni yang konsepsual berbasis pikiran otak, dan yang terjelaskan secara ilmiah dan objektif, yang didukung dengan teori-teori mutakhirlah yang dianggap lebih canggih, atau lebih berbobot. Seringkali yang terjadi, seolah-olah karya seni yang ‘diterangi/dijelaskan’ dengan kutipan-kutipan dari pendapat-pendapat atau teori-teori dari pakar-pakarseni /non-seni – biasanya dari negara-negara adiaya kaya – dianggap lebih meyakinkan dan dianggap ilmiah.

Ilmiah dalam seni jadi mitos. Namun dalam kenyataannya, kata ilmiah seringkali jadi senjata pembunuh yang mematikan terhadap ide-ide atau pendapat-pendapa liar, lain, non-konvensional, yang imaginatif, yang melampaui normative expectation, juga terhadap ide-ide yang berasal dari rasa dan dari kegiatan merasakan rasa. Dalam ‘ilmiahisme’ karya seni dipandang melulu sebagai objek intelektual, objek kajian ilmiah, atau dengan pengataan lain karya seni yang baik adalah karya seni yang harus bisa terpaparkan secara jelas, dalam kaidah-kaidah linear akademis. Karya-karya seni yang sesungguhnya berbasis rasa acap kali dipandang dengan paradigma rasionalis melulu. Akhirnya tidak terjadi komunikasi. Apalagi kalau si pemirsa sudah secara a priori menggunakan paradigma tertentu. Penerapan ilmiahsime yang salah seringkali hanya menempatkan orang untuk selalu berfikir tentang struktur terlebih dahulu, dan sebagai yang primer. Dalam dunia mengajar orang lebih memedulikan kurikulum, metodologi dan metodenya, serta formalismenya, namun melupakan substansi dan aspeknya yang paling menarik, yaitu rasa dan dinamismenya.


0 Responses to “rasa:View of motivation”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


sohibrama@gmail.com

soekarno falls

More Photos
Internet Sehat

Pengunjung

  • 213,125 hits

butuh buku ini email ajah:

kontak online

Hidup…Kawanku

Assalamu'alaikum Wr Wb, kawan, tidak selamanya kehidupan ini sulit bila kau ditemukan dalam susah hati itu hanyalah kebetulan saja apabila kita ditemukan dalam keadaan gembira itupun hanya kebetulan saja hidup ini adalah sesuatu yang sementara kita dapat menjadi senang dalam suatu waktu dan kita bisa sedih dalam suatu waktu Wassalamu'alaikum

Biennale Jogja XI

telpon kita :

Call kawanrama from your phone!

Categories

January 2009
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
PageRank

kunjungan

free counters

RSS media ide periklanan

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS berita indonesia

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS kompas

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Muka Pembaca

View My Profile community View My Profile View My Profile View My Profile

RSS bola

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS inggris

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
Yuk.Ngeblog.web.id

%d bloggers like this: