01
Jan
09

emotional branding

          152240p  Selama beberapa dekade terakhir, dunia telah beralih dari ekonomi yang digerakkan oleh industri dimana mesin-mesin merupakan pahlawan, menjadi suatu ekonomi yang digerakkan oleh manusia yang menempatkan manusia pada  kursi kekuasaan. Pesawat terbang bukan hanya alat transportasi saja saat ini, namun lebih banyakterkait dengan “organisasi perjalanan”yang dapat memperkaya hidup kita dalam banyak hal melalui poin bonus. Makanan tidak lagi sekedar kegiatan memasak atau rutinitasyang membosankan tetapi lebih mengenai gaya hidup. Dan universitas di masa depan akan diasosiasikan dengan mere yang berfungsi sebagai “Bank Pengetahuan”berbasis modul yang memfokuskan pada suatu  jenis baru pembelajaran global seumur hidup.

             Saat ini, pengembangan sumber pendapatan yang benar-benar baru dengan ide-ide yang inovatif yang menjadi sesuatu yang penting diatas segala-galanya bagi setiap perusahaan. Dalam atmosfer bisnis yang baru ini, ide adalah uang. Ide secara keseluruhan

pada dasarnya merupakan suatu jenis mata uang baru yang lebih ampuh daripada uang. Sebuah ide yang mempunyai konsep merek yang hebat dapat mengubah seluruh masa depan perusahaan.

            Dalam pasar dengan persaingan yang sangat tinggi, dimana barang atau jasa tidak cukup untuk menarik atau mempertahankan konsumen,aspek emosional dari produk serta sistem distribusinyalah yang menjadi kunci dalam penguasaan pasar.maksud “emotional” adalah bagaimana suatu merek menggugah perasaan dan emosi konsumen; bagaimana suatu merek menjadi hidup bagi masyarakat dan membentuk hubungan mendalam dan tahan lama.

 

A.Sepuluh perintah “emotional branding”

-Konsep merek telah berubah dari konsep lama/brand awarenes menuj konsep baru /emotional branding.hal ini dapat dilihat dari perintah emotional branding berikut;

            1.Dari konsumen menuju manusia

Konsumen membeli, manusia hidup. Konsumen sering dinggap sebagai

“musuh” yang harus diserang. Pertempuran ini berlangsung  antara produsen melawan konsumen, tetapi mengapa harus menggunakan taktik ini ketika ada cara yang lebih baik untuk menumbuhkan hasrat pelangga secara positif tanpa harus berlaku kasar. Hal ini bisa dicapai dengan pendekatan kemitraan “win-win”yang diasari pada hubungan saling menghormati

            2. Dari produk menuju pengalaman   

             Produk memenuhi kebutuhan, pengalaman memenuhi hasrat / sebuah

pengalaman berbelanja seperti dinding panjat dari batu ditoko-toko REI, beraneka ragam “ zona bunyi” di toko-toko Discoveri Chanel mempunyai nilai tambah dan akan bertahan lama dalam memori konsumensebagai suatu keterkaitan yang dibuat pada tingkatan Yang bukan sekedar memenuhi kebutuhan tetapi merupakan sebuah pengalaman.

            3. Dari kejujuran menuju kepercayaan

kejujuran diharapkan. Kepercayaan bersifat melekat dan intim.

Dengan demikian untuk memperolehnya harus diperjuangkan. Kepercayaan      adalah salah satu nilai yang sangat penting dari suatu merek dan membutuhkan usaha yang sungguh – sungguh dari perusahaan. Salah satu gerakan paling kuat dalam membangun kepercayaan konsumen adalah” no question asked” ( konsumen dapat mengembalikan barang yang dibelinya tanpa syarat apapun)

            4. Dari kualitas menuju Preferensi

kualitas dengan harga yang tepat merupakan suatu hal yang sudah biasa

saat ini, preferensi menciptakan penjualan. Preferensi terhadap merek mempunyai hubungan yang riil dengan kesuksesan. Setiap merek tidak dapat dihentikan ketika merek tersebut disukai

5.      Dari Kemasyuran menuju Aspirasi

Jika suatu merek ingin didambakan ( tidak hanya dikenal) maka     harus mengekspresikan sesuatu yang sesuai dengan aspirasi konsumen

            6.      Dari Identitas menuju Kepribadian

Identitas adalah pengakuan. Kepribadian adalah mengenai karakter dan karisma. Merek mempunyai suatu karakter yang karismatik yang mendorong suatu respon emosional.

7.      Dari Fungsi menuju perasaan

Fungsionalitas dari suatu produk adalah hanya mengenai kegunaan atau kualitas yang dangkal. Desain pengindraan adalah mengenai pengalaman. Fungsionalitas dapat menjadi usang jika penampilan dan kegunaannya tidak didesain juga demi pertimbangan perasaan.

8.      Dari Ubikuitas menuju Kehadiran

Ubikuitas ( keberadaan yang sangat umum) dapat dilihat. Kehadiran emosional dapat dirasakan.

9.      Komunikasi Dari menuju Dialog

Komunikasi adalah memberitahu, dialog adalah berbagi. Komunikasi dua arah membantu membangun kemitraan yang berharga antara konsumen dengan perusahaan.

10.  Dari Pelayanan menuju Hubungan

Pelayanan adalah menjual. Hubungan adalah penghargaan. Hubungan berarti bahwa orang – orang yang berada di balik merek tersebut sungguh – sungguh berusaha untuk memahami dan menghargai konsumen mereka


0 Responses to “emotional branding”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


sohibrama@gmail.com

soekarno falls

More Photos
Internet Sehat

Pengunjung

  • 213,236 hits

butuh buku ini email ajah:

kontak online

Hidup…Kawanku

Assalamu'alaikum Wr Wb, kawan, tidak selamanya kehidupan ini sulit bila kau ditemukan dalam susah hati itu hanyalah kebetulan saja apabila kita ditemukan dalam keadaan gembira itupun hanya kebetulan saja hidup ini adalah sesuatu yang sementara kita dapat menjadi senang dalam suatu waktu dan kita bisa sedih dalam suatu waktu Wassalamu'alaikum

Biennale Jogja XI

telpon kita :

Call kawanrama from your phone!

Categories

January 2009
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
PageRank

kunjungan

free counters

RSS media ide periklanan

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS berita indonesia

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS kompas

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Muka Pembaca

View My Profile community View My Profile View My Profile View My Profile

RSS bola

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS inggris

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
Yuk.Ngeblog.web.id

%d bloggers like this: