24
Dec
08

Account Executive: yang keren dong!

podiumg2Berkali-kali ngajarin mahasiswa tentang menjadi Account Executive yang baik kok susah banget ya? padahal  kita ngajar mereka udah pol-polan banget@#$! Jadi mas=dan mbak, mahasiswa sebelum kita bekerja profesional, sebaiknya kita belajar menjadi pendengar yang baik dulu. Mendengar adalah hal pokok ketika kita menjadi partner mereka atau konsultan mereka. Sebelum kita mengambil kesimpulan, atas apa yang diorder klien, biarlah diri ini menjadi tempat sampah bagi mereka (klien). Mereka punya beside diri yang lain kok, dan itu perlu kita tampung kalo mereka lagi curhat. cuman, jangan dalem-dalem banget…nanti jadi masalah ke kita. Ada cara menjadi pendengar yang baik :

 

1. Persiapan

         Persiapan merupakan hal penting yang harus dilakukan seorang pendengar sebelum di jadi pendengar yang baik. Beberapa persiapan yang dapat dilakukan pendengar adalah membaca terlebih dulu bahan pembicaraan yang akan dibahas. Persiapan ini akan membantu dan memberi gambaran materi yang akan didengarnya. Sehingga ketika mendengar dia sudah dapt membayangkan, di samping menangkap sebagian (kecil, atau besar) materi. Kondisi ini akan membantu memahami materi yang (akan) dia dengar.

 

2. Mendengar Secara Efektif

Ada beberpa hal penting agar mendengar dapat efektif;

·         Catat hal-hal penting

Sambil mendengar, catatlah hal-hal yang dianggap penting. Mencatat hal-hal yang penting akan membantu anda untuk memusatkan perhatian dan mendengarkan dengan sungguh-sungguh

·         Tentukan gagasan utama

Setiap periode anda mendengar, tentukan gagasan utama yang menjadi pokok pembicaraan tersebut. Dengan menentukan gagasan utama, anda akan mudah memahami topic pembicaraan yang sedang dibahas, dan membantu anda memahami topic dan materi berikutnya.

3. evaluasi Pembicaraan

Evaluasi pembicaraan adalah mengevaluasi beberapa hal yang dibahs dalam suatu pembicaraan. Hal ini dapat dilakukan agar kegiatan mendengar dapat efektif. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan dalam evaluasi pembicaraan:

·         Membuat penilaian

Membuat penilaian adalah menilai pembicaraan yang telah dilakukan. Dari hasil penilaian tadi, pendengar dapat mengetahui apakah dia sudah mendengarkan dengan baik (atau belum).

·         Mengambil kesimpulan

Berdasarkan hasil mendengar yang baik, seorang pendengar dapat membuat kesimpulan hasil pembicaraan. Tapi sebaliknya, bila dia tidak menjadi pendengar yang baik, dan mendengar tidak dilakukan dengan efektif, dia tidak dapat mengambil kesimpulan.

  

MENCATAT

Mencatat bukan kegiatan yang mudah bagi seorang petugas/ pegawai/ karyawan/ sekretaris. Meskipun kegiatan ini sudah dilakukan seorang sejak SD. Mengapa? Karena pandangan yang mengagap mencatat itu kegiatan yang sepele dan kurang penting.

Pengetahuan yang kurang serta pandangan bahwa mencatat itu kurang penting, menjadi hambatan dalam mencatat. Berikut disajikan kiat praktisnya.

Cari Gagasan Utama

Gagasan utama merupakan hal penting dalam sebuah tulisan dan dalam kegiatan mencatat. Setelah mendapatkan gagasan utama, dengan mudah kita dapat melakukan kegiatan mencatat.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencari gagasan utama:

1. Bedakan contoh dan detail dari gagasan

Contoh merupakan pembuktian untuk mempermudah memahami gagasan dari suatu pembicaraan. Sednagkan detail gagasan adalah uraian dari suatu gagasan supaya setiap indeividu memahami detail dari gagasan itu secara mendalam. Dengan cara membedakan antara contoh dan detail, kita dapat menemukan gagasan utamanya.

 

2. Tentukan metode pembicaraan

Metode pembicaraan ada dua; Deduktif dan Induktif

·         Deduktif

Merupakan metode yang digunakan dalam sebuah pembicaraan dengan menyajikan deskripsi umum terlebih dahulu kemudian baru masuk ke deskripsi khusus. Metrode deduktif ini dapat digambarkan dalam bentuk diagram sebagai berikut:

Deskripsi dari umum ———-à khusus,

Atau

Deskripsi dari gagasan ——–à contoh.

·         Induktif

Merupakan metode yang digunakan dalam sebuah pembicaraan dengan menjadikan deksripsi khusus terlebih dulu kemudian masuk ke deskripsi umum. Atau dari contoh ke gagasan. Metode induktif ini dapat digambarkan sebagai berikut:

Deskripsi khusus ———–à umum

Atau

Pemberian contoh ———-à gagasan

 

MENELEPON

1. Suara

Suara adalah factor penting dalam menerima atau melaksanakan kegiatan menelepon. Pesan yang disampaikan menjadi jelas atau tidak tergantung pada suara yang terdengar melalui pesawat telpon. Ada beberapa tips atau kiat:

·         Usahakan untuk mengukur volume suara Anda sehingga tidak terlalu keras dan tidak terlalu lemah. Jelas tidaknya pesan yang disampuaikan tergantung keras atau lemahnya suara yang kita keluarkan. Usahakan volume suara itu sesuai dengan standard normal.

·         Jangan bergenit-genit atau bermanja-manja. “warna” suara yang kita keluarkan dari bibir sangat dipengaruhi oleh gaya bicara kita. Dan suara yang kita hasilkan itu mempengaruhi citra/ imaj yang mencul, Akibatnya, bila kita bergenit-genit atau bermanja-manja ketika menelopon atau menerima telepon, citra kita (atau lembaga yang kita wakili) akan negative.

·         Tempatkan gagang telpon pada jarak yang sesuai dengan mengingat volume suara aseli.

2. Pesawat

Faktor pesawat juga berperan penting. Beberapa tips atau kiat:

·         Jangan membiarkan pesawat berdering terlalu lama, tapi juga jangan anda angkat ketika belum siap.

·         Pada waktu mengangkat gagang telpon usahakan jangan membuat suara gaduh.

·         Anda dapat langsung menekan kaitnya dengan jari.

3. Persiapan

Agar komunikasi berjalan lancar, saat kita menelepon, ada beberapa factor perlu diperhatikan:

·         Persiapkan kertas dan pensil. Sebaiknya anda selalu menyiapkan kertas dan alat tulis di dekat pesawat telpon.

·         Informasi penting. Bila anda menerima telpon menanyakan suatu kegiatan atau prosedur penting pelayanan, bagus jika Anda hafal urutan/ prosedurnya. Jika belum/ tidak, usahakan brosur, jadual, daftar harga, catalog terbaru siap di dekat telpon. Juga nomor telpon penting. Dapat ditempel atau digantung di tempat strategis yang mudah dilihat/ diakses.

·         Pokok-p0okok pembicaraan. Bila Anda menelepon, siapkan pokok-pokok pembicaraan. Tuliskan di sehelai kertas point penting tersebut, sehingga proses komunikasi berjalan lancar.

 


2 Responses to “Account Executive: yang keren dong!”


  1. December 26, 2008 at 12:33 am

    blog ini gue banget.
    temanya mirip dengan blog saya.
    salam kenal mas. saya link ya

    makasih

  2. December 28, 2008 at 12:29 pm

    Wueee..nomor siji itu sapa yah? Ha…ha… Brani-braninya. Oke, saya setuju mas Antown, blog ini bagus, inspiratif, dan menjalankan pikiran. Salam kenal ya mas. Terima kasih telah mau berbagi…😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


sohibrama@gmail.com

soekarno falls

More Photos
Internet Sehat

Pengunjung

  • 213,125 hits

butuh buku ini email ajah:

kontak online

Hidup…Kawanku

Assalamu'alaikum Wr Wb, kawan, tidak selamanya kehidupan ini sulit bila kau ditemukan dalam susah hati itu hanyalah kebetulan saja apabila kita ditemukan dalam keadaan gembira itupun hanya kebetulan saja hidup ini adalah sesuatu yang sementara kita dapat menjadi senang dalam suatu waktu dan kita bisa sedih dalam suatu waktu Wassalamu'alaikum

Biennale Jogja XI

telpon kita :

Call kawanrama from your phone!

Categories

December 2008
M T W T F S S
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
PageRank

kunjungan

free counters

RSS media ide periklanan

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS berita indonesia

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS kompas

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Muka Pembaca

View My Profile community View My Profile View My Profile View My Profile

RSS bola

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS inggris

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
Yuk.Ngeblog.web.id

%d bloggers like this: