22
Dec
08

Ada apa di sebuah Gambar Iklan

iklan cakrama. Kedudukan gambar dalam masyarakat

Gambar sudah menjadi menu harian kita, Fenomena gambar sebagai mass image dan generalized image tetap menarik dan menjadi kenikmatan yang tidak habisnya bagi pengkritik media bahkan menjadi perdebatan teoritis bagi para Advertising. Pada tahun 1960 seorang semiotikus melihat adanya pergeseran dari budaya tulisan ke budaya gambar. Tahun 1980 baru ia merasa yakin bahwa budaya gambar tak akan terelakkan. Oleh karena itu fenomena ini harus didekati sesuai dengan watak gambar tersebut. Dalam hal ini wajib hukumnya untuk melihat fungsi gambar terhadap realitas. Kalau fungsi gambar adalah representatif (fungsi menghadirkan), munculnya foto atau gambar harus mendapat perhatian yang serius, karena foto mempunyai  kemampuan representatifnya yang sempurna. Maka dengan memeriksa semiotika gambar ini tentunya akan terlihat fenomena yang terjadi pada target audiens, apakah mereka aktif atau pasif. (Roland Barthes, 1981)

b. Membaca foto/gambar

Persoalan yang paling rumit namun akan selalu menarik, karena tak akan mudah bagi seseorang untuk membaca sebuah foto, semakin kita memandangnya semakin kita dibawa oleh pesonanya. Terutama ketika kita disajikan sebuah foto/gambar iklan, imajinasi, fantasi dan kesempurnaan gambar membentuk sesuatu yang alami sehingga tidak ada keinginan bagi seseorang untuk memperdulikan keasliannya. (Roland Barthes, 1981)

c. Pesan Langsung dan Pesan Interpretatif (perkiraan)

Kalau kita melihat gambar atau foto, kita dapat membedakan dua gejala tanda yang saling berhubungan, foto secara keseluruhan dan isi dalam foto tersebut beserta unsur-unsur yang terdiri di dalamnya. Unsur ini dapat di pecah pecah sesuai dengan ketertarikan. Ada yang lebih memperhatikan dekoratifnya, perspektifnya, atau ada yang lebih senang dengan unsur gesture atau gerak tubuhnya. (Roland Barthes and Wang, 1980)


1 Response to “Ada apa di sebuah Gambar Iklan”


  1. August 21, 2009 at 5:55 am

    Iklan boleh, asal mengikuti kaedah yang berlaku….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


sohibrama@gmail.com

soekarno falls

More Photos
Internet Sehat

Pengunjung

  • 213,236 hits

butuh buku ini email ajah:

kontak online

Hidup…Kawanku

Assalamu'alaikum Wr Wb, kawan, tidak selamanya kehidupan ini sulit bila kau ditemukan dalam susah hati itu hanyalah kebetulan saja apabila kita ditemukan dalam keadaan gembira itupun hanya kebetulan saja hidup ini adalah sesuatu yang sementara kita dapat menjadi senang dalam suatu waktu dan kita bisa sedih dalam suatu waktu Wassalamu'alaikum

Biennale Jogja XI

telpon kita :

Call kawanrama from your phone!

Categories

December 2008
M T W T F S S
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
PageRank

kunjungan

free counters

RSS media ide periklanan

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS berita indonesia

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS kompas

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Muka Pembaca

View My Profile community View My Profile View My Profile View My Profile

RSS bola

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS inggris

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
Yuk.Ngeblog.web.id

%d bloggers like this: