14
Dec
08

debat iklan

mixpagi tadi dari Unsoed…biasa ngajar, cape sih tapi lumayan sharing otak sama temen-temen disana. Cuman agak sedikit kaget ada pendapat hebat tentang iklan: pendapat yang mengatakan iklan tuh bisanya cuman bisa merubah kognitif audience aja? kognitif itu sih istilah keren dari pikiran atau apa ya…tahu ah! Disana ada yang mengatakan iklan tuh cuman basa-basi, lewat setelah itu ya enggak ngaruh sama kita…huss sopo kondho! sneezy2ngapain ya orang iklan cape-cape bikin iklan ngabisin rupiah kalo cuman dianggap woro-woro…lha ya enggak mungkin yah! Iklan adalah cara kerja industri modern menggaet pola pandang konsumen, kalo ndak ada iklan kapan sebuah produk dilirik oleh konsumen. kita semua sibuk dalam kehidupan yang serba sulit dengan waktu yang isinya kayaknya cari materi aja walau enggak cukup-cukup juga ya ndak! nah iklan ini fungsinya mereminding otak kita akan kebutuhan dalam hidup dari obat luka sampai …makanan kucing semua diingatkan oleh iklan, jadi ada alur kehidupan dalam diri kita. Kita kerja di pabrik TV kalo ndak ada yang bikin tentang bagaimana dahsyatnya sebuah TV (eh biasanya hiperbol loh) bagaimana kita digaji. Iklan adalah alur hidup…dia bukan saja mengisi alur kognitif tok…tetapi juga afeksi maupun behavioral kita (bener enggak ya nulisnya?) dulu pas belajar di sebuah biro iklan sih kita pernah disodori sebuah tujuan iklan tuh apa katanya sih iklan itu bertujuan :

 

Menciptakan kesadaran pada suatu merek di dalam benak konsumen
Mengkomunikasikan informasi kepada konsumen mengenai keunggulan suatu merek.
Mengasosiasikan suatu merek dengan perasaan serta emosi tertentu.
Membuat perilaku
Mengembangkan atau mengubah citra atau personalitas dari sebuah merek.
Mengembangkan persepsi positif calon konsumen 

Mengarahkan konsumen untuk membeli produk

bener gitu? ya iyalah…masak ya iya kok! gitu kayaknya jadi ditilik tilik kan semua itu AIDCA ya…nginget-nginget yang diajarin pak kasali ada Attention – Interest – Decision – Conviction – and action dah…jadi enggak sekedar ngasih tahu aja alias nambah nambah ilmu diotak, tetapi harus menjual. Masak iklan cuman ngasih tahu…ya enggaklah : jualan dong…it’s about sell! Jadi ilmu iklan itu tidak hanya belajar dari ilmu komunikasi tahun 70an tok…kita dikehidupan modern sekarang, ilmunya pun diupgrade…iklan itu industri modern dan besar, semua pakar hadir disana dari pakar psikologi sampai pakar marketing hadir, masak cuman dianggap woro-woro? mana ada sih tetangga kita beli Honda Beat, kita bangga banget malah sangat bangga dengan kendaraan kita yang mereknya “Tak sam Beat” huss…mana ada merek gituan? eh iya, yang jelas sih wake up aja guy…iklan itu udah jadi mahluk halus ketiga selain setan dan malaikat, untuk mempengaruhi kita. Mosok sih? yo…mbuh ding??? (foto :netmba.com)

 


0 Responses to “debat iklan”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


sohibrama@gmail.com

soekarno falls

More Photos
Internet Sehat

Pengunjung

  • 213,236 hits

butuh buku ini email ajah:

kontak online

Hidup…Kawanku

Assalamu'alaikum Wr Wb, kawan, tidak selamanya kehidupan ini sulit bila kau ditemukan dalam susah hati itu hanyalah kebetulan saja apabila kita ditemukan dalam keadaan gembira itupun hanya kebetulan saja hidup ini adalah sesuatu yang sementara kita dapat menjadi senang dalam suatu waktu dan kita bisa sedih dalam suatu waktu Wassalamu'alaikum

Biennale Jogja XI

telpon kita :

Call kawanrama from your phone!

Categories

December 2008
M T W T F S S
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
PageRank

kunjungan

free counters

RSS media ide periklanan

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS berita indonesia

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS kompas

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Muka Pembaca

View My Profile community View My Profile View My Profile View My Profile

RSS bola

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS inggris

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
Yuk.Ngeblog.web.id

%d bloggers like this: