03
Dec
08

Daya Pikat Pesan dan Para Pendukung Periklanan

Para pemasang iklan dengan bangga menggunakan kaum selebrities dalam periklanan karena atribut popular yang mereka miliki termasuk :

          kecantikan

          keberanian

          bakat

          jiwa olahraga (atheletecisme)

          keanggunan

          kekuasaan

          daya tarik seksual

 

Sehingga konsumen berpikir bahwa merek yang dibawa selebrities tersebut memiliki sifat-sifat menarik yang serupa dengan sifat-sifat yang dimiliki selebrities tersebut.

Meskipun demikian, ada suatu kelemahan dalam menggunakan selebrities sebagai pendukung periklanan. Seandainya seorang selebrities tersebut melakukan kejahatan atau citranya menjadi buruk dengan cara tertentu selama masa bersaing dalam masa kampanye periklanan.

 

Pentingnya kecocokan.  Pada dasarnya, harus ada hubungan yang berarti atau kecocokan antara selebrities, khalayak, dan produk. Cara memilih Selebities menurut  tingkat kepentingannya dapat digunakan cara :

          kredibilitas selebrities

          kecocokan selebrities dengan khalayak

          kecocokan selebrities dengan merek

          daya tarik selebrities

          pertimbangan lainnya (biaya tambahan untuk memperoleh layanana dari selebrities,  besar kecilnya kemungkinan bahwa selebriti akan berada dalam masalah setelah suatu dukungan dilakukan, sulit atau mudahnya ia bekerjasama, berapa merek yang sudah ia dukung).

 

Daya tarik bukan saja secara fisik, tetapi beberapa  karakteristik yang dapat dilihat khalayak dalam diri pendukung :

          kecerdasan

          sifat-sifat kepribadian

          gaya hidup

          keatletisan postur tubuh, dsb

 

Konsep umum dari daya tarik terdiri dari tiga ide yang berhubungan :

          persamaan (similarity)

          pengenalan (familiarity)

          penyukaan (liking)

 

Dua sifat penting dari kredibilitas pendukung adalah :

  1. Keahlian (expertise) mengacu pada

Pengetahuan

Pengalaman

Keterampilan, yang dimiliki seorang pendukung yang berhubungan dengan topik iklannya.

  1. Kepercayaan (trustworthiness)

Kejujuran

Integritas

Dapat dipercayai seorang sumber.


1 Response to “Daya Pikat Pesan dan Para Pendukung Periklanan”


  1. December 10, 2008 at 3:45 am

    tambahan….
    harus S. E. R. I. O. U. S.
    he… he…


Leave a comment


sohibrama@gmail.com

Internet Sehat

Pengunjung

  • 410,199 hits

butuh buku ini email ajah:

kontak online

Hidup…Kawanku

Assalamu'alaikum Wr Wb, kawan, tidak selamanya kehidupan ini sulit bila kau ditemukan dalam susah hati itu hanyalah kebetulan saja apabila kita ditemukan dalam keadaan gembira itupun hanya kebetulan saja hidup ini adalah sesuatu yang sementara kita dapat menjadi senang dalam suatu waktu dan kita bisa sedih dalam suatu waktu Wassalamu'alaikum

Biennale Jogja XI

telpon kita :

Call kawanrama from your phone!

Categories

PageRank
December 2008
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Muka Pembaca

View My Profile community View My Profile View My Profile View My Profile

kunjungan

free counters

RSS Advertising Age

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia