12
Nov
08

Promosi

Promosi sebagai istilah pemasaran merupakan upaya-upaya suatu perusahaan untuk mempengaruhi para calan calon pembeli agar mereka mau membeli.

Tujuan promosi sendiri adalah :

a)      Memajukan citra perusahaan yang bersangkutan.

b)     Memperbesar volume penjualan produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan yang bersangkutan.dsc_00992

Dalam arti luas, promosi berarti “mendorong ke muka” guna memajukan sebuah ide dengan cara sedemikian rupa, hingga bisa diterima dengan baik.

Dalam penggunaan biasa, “Promosi” adalah semua yang dilakukan untuk membantu penjualan suatu produk atau jasa di tiap tempat jaringan penjualan, mulai dari bahan-bahan presentasi yang digunakan seorang tenaga penjualan ketika melakukan penawaran hingga siaran niaga di Televisi atau iklan disurat kabar yang mencoba untuk memikat pelanggan agar memperoleh kesan yang menyenangkan terhadap apa yang diiklankan.

Sebaliknya secara teknis, “periklanan” bertanggung jawab pada “ruang” atau cetakan. Sedangkan “promosi” bertanggung jawab atas semua tugas yang lain di bidang itu, kecuali hubungan masyarakat dan publikasi. Kedua tugas yang disebut terakhir itu boleh diserahkan pada departemen tersendiri atau ditangani sendiri oleh bagian iklan atau promosi, tergantung dari organisasi atau bentuk perusahaan. Karena bagian dan susunan departemen sangat tidak tetap, suatu jabaran tugas yang rinci benar-benar diperlukan untuk menghindari pertempuran bila lebih dari satu orang atau departemen mengerjakan salah satu dari tugas diatas.

Promosi merupakan unsur keempat dalam bauran pemasaran, pada umunya dibagi menjadi lima alat yang berlainan, tetapi semuanya berkonstribusi pada pencapaian sasaran pemasaran, alat-alat ini adalah:

 

a)      Iklan

Ruang, waktu atau nasakah yang dibeli untuk mempromosikan produk atau jasa.

b)      Promosi Penjualan

 Insentif dan tawaran yang mendorong orang untuk membeli produk atau jasa.

c)      Publisitas

Berita dan informasi tentang produk atau jasa yang tidak dibayar secara langsung.

d)     Penjualan Secara Personal

Penyampaian secara pribadi produk atau jasa kepada calon pelanggan.

e)      Pemasaran Langsung

Penyampaian kepada calon pelanggan tidak secara pribadi, tetapi mereka dapat langsung memberikan tanggapan.

Konsep Promosi 5 W + 1 H (Konsep ‘What, Why, Who, Which, Where, How.):

a)      Produk, Jasa dan pesan apa yang akan disampaikan

b)      Apa saja jenis dan cakupan produk / jasa yang akan dipasarkan

c)      Apa Keunggulannya dan bagaimana konsep pemasarannya

d)     Siapa kompetitornya dan bagaimana mengalahkannya

e)      Kepada siapa produk atau jasa tersebut diperuntukkan

f)       Bagaimana cara pendekatan dengan konsumennya

g)      Apa peluang dan target dari pemasarannya

h)      Budaya apa yang diperlukan untuk menggali potensi pasar

i)        Kebiasaan, pola dan cara masyarakat dalam membeli

j)        Pendekatan komunikasi dan kreatif apa yang tepat untuk itu

Media apa yang tepat untuk mendekati masyarakatnya dan dimana biasanya konsumen mendapatkannya, dll.

 


0 Responses to “Promosi”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


sohibrama@gmail.com

soekarno falls

More Photos
Internet Sehat

Pengunjung

  • 213,112 hits

butuh buku ini email ajah:

kontak online

Hidup…Kawanku

Assalamu'alaikum Wr Wb, kawan, tidak selamanya kehidupan ini sulit bila kau ditemukan dalam susah hati itu hanyalah kebetulan saja apabila kita ditemukan dalam keadaan gembira itupun hanya kebetulan saja hidup ini adalah sesuatu yang sementara kita dapat menjadi senang dalam suatu waktu dan kita bisa sedih dalam suatu waktu Wassalamu'alaikum

Biennale Jogja XI

telpon kita :

Call kawanrama from your phone!

Categories

November 2008
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
PageRank

kunjungan

free counters

RSS media ide periklanan

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS berita indonesia

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS kompas

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Muka Pembaca

View My Profile community View My Profile View My Profile View My Profile

RSS bola

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS inggris

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
Yuk.Ngeblog.web.id

%d bloggers like this: