05
Apr
10

Iklan Media Cetak Sebagai Alat Untuk Kampanye Periklanan

Media cetak biasanya mempunyai jenis berupa surat kabar, majalah, dan media lainnya yang yang pembuatannya memakai tehnik cetak mencetak, contoh : poster, flyer, leaflet, pamlet dan selebaran-selebaran lainnya. Surat kabar merupakan media utama yang digunakan dalam periklanan di Indonesia, hal ini karena disebabkan oleh beberapa faktor seperti :

a)      Jangkauan distribusi surat kabar tidak dibatasi.

b)      Jangkauan media lainnya, radio dan televisi dibatasi.

c)      Harga satuan surat kabar murah dan dapat dibeli secara eceran.

Selain itu surat kabar mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya :

a)      Market coverage yaitu surat kabar dapat menjangkau daerah-daerah perkotaan sesuai dengan cakupan pasarnya (nasional, regional, atau lokal).

b)      Comparison shoping ( catalog value ) yaitu keuntungan kedua menyangkut kebiasaan konsumen membawa surat kabar sebagai referensi untuk memilih barang sewaktu berbelanja. Informasi sekelebat yang diberikan oleh radio dan televisi, dimuat secara tertulis pada surat kabar yang dapat dibawa kemana-mana.

c)      Positive consumer attitudes yaitu konsumen umumnya memandang surat kabar memuat hal-hal aktual yang perlu segera diketahui khalayak pembacanya.

d)      Flexibility yaitu pengiklan dapat bebas memilih pasar mana ( dalam cakupan geografis ) yang akan diprioritaskan. Dengan demikian ia dapat memilih media mana yang cocok. Kecuali pada surat kabar nasional yang biasanya harus dilakukan pemesanan enam bulan sebelumnya, koran-koran lokal umumnya sangat fleksibel dalam memuat iklan, baik permintaan mendadak yang berkaitan dengan ukuran, frekuensi pemuatan, maupun penggunaan warna ( spot colour atau full colour ).

Berbeda dengan majalah yang cenderung dibaca oleh masyarakat golongan menengah keatas dan biasanya media ini lebih banyak menyajikan iklan dengan tema keluarga atau gangguan dalam pekerjaan yang perlu diatasi. Oleh karena itu majalah juga mempunyai kelebihan tersendiri sebagai media untuk beriklan dan berpromosi, antara lain :

a)      Khalayak sasaran yaitu salah satu keunggulan majalah jika dibandingkan dengan media lainnya adalah kemampuannya menjangkau segmen pasar tertentu yang terspesialisasi. Pada masa mendatang majalh-majalah special interest akan mempunyai peranan yang penting dan akan sangat disukai sebagai media periklanan karena dianggap memiliki captive market.

b)      Penerimaan khalayak yaitu kemampuannya mengangkat produk-produk yang di iklankan sejajar dengan persepsi khalayak sasaran terhadap prestise majalah yang bersangkutan.

c)      Long life span yaitu majalah adalah media yang memiliki usia edar paling panjang dari seluruh media yang ada. Selain itu majalah yang dimiliki oleh khalayak umumnya disimpan hingga bertahun-tahun sebagai referensi.

d)      Kualitas visual yaitu kualitas visual majalah sangat prima karena umumnya dicetak di atas kertas berkualitas tinggi. Dengan demikian kebanyakan majalah dapat menyajikan tata warna, reproduksi foto baik hitam putih maupun berwarna dengan sangat baik.

Kualitas produksi seperti ini mencerminkan kehebatan isi editorialnya. Cerita-cerita fiksi dan features selalu ditulis oleh penulis kenamaan yang mampu menggugah emosi pembaca.

e)      Promosi penjualan yaitu majalah adalah media yang efektif untuk menyiarkan pesan iklan yang berbau promosi penjualan seperti kupon-kupon yang akan diundi, contoh-contoh produk, dan kartu-kartu petunjuk.

Iklan media cetak adalah merupakan bentuk visual yang terdiri dari unsur-unsur berupa garis, bidang, warna, gambar, foto dan teks, yang menyatu dalam suatu bentuk komposisi yang mempunyai nilai artistik, menarik dan dinamis. Hal tersebut kemudian bisa dijabarkan secara lebih detail sebagai berikut :

Naskah

Naskah merupakan suatu bentuk ukuran tentang produk atau jasa yang berisi gagasan atau ide utama dalam iklan dari suatu proses layout iklan, dan mempunyai elemen-elemen seperti :

a)      Headline

Adalah merupakan judul atau kepala tulisan iklan, dan merupakan bagian terpenting dalam iklan media cetak, berdasarkan :

b)      Identification headline, yaitu dalam penerapannya   langsung menyebutkan identitas, nama, merk dan produk

c)      Advice of  benefit headline, yaitu memberikan janji, nasehat, manfaat dan menerangkan tentang kelebihan dan keunggulan produk secara langsung.

d)      Information or news hedline, yaitu berisi berita dan informasi tentang suatu produk.

e)      Selective headline, adalah penawaran secara langsung yang akan ditujukan kepada konsumen khusus, yang menjadi tujuan pesannya.

f)           Command headline, yaitu isinya bersifat anjuran atau  perintah kepada calon konsumen untuk menggunakan produk yang ditawarkan oleh produsen.

g)      Question headline, yaitu judul yang dikemukakan dengan gaya bertanya atau berupa pertentangan kepada konsumennya.

h)      Curioucity or provocative headline, adalah cara untuk membangkitkan suasana kecemasan dan ketakutan pada diri pemirsanya, serta juga mengundang keingintahuan pemirsa terhadap apa yang disampaikan.

i)           Boast headline, adalah sifatnya yang membesar-besarkan atau melebih-lebihkan keunggulan suatu produk.

Sebuah headline dapat dibuat lebih mudah terbaca, menarik perhatian, dan  berpengaruh bila cermat dalam menyusun layout iklan, contohnya sebuah judul yang panjang dapat dipisahkan atau disusun.       

Teks Iklan

Teks adalah isi iklan, terdiri dari head line, sub judul, harga, nama pengiklan (produsen), serta strapline atau signature slogan. Signature slogan atau strapline merupakan baris penutup (the pay-off line), dan dapat digunakan sebagai alat untuk menciptakan citra produk. Sebagai mana adanya bermacam-macam headline yang dapat kita pilih, demikian pula dengan cara penulisan teks iklan :

a.   Emotional :

      Kebutuhan emotional adalah dasar dari penampilan diri (self assertion), cinta kasih, seks, persahabatan, (companionship), pemeliharaan diri (self preservation), agar memiliki rasa ingin tahu, keamanan, dan kenyamanan.

b.   Factual hard selling :

Merupakan iklan yang khas, tertib mengikuti, dan menerapkan lima point AIDCA. Bersifat kompetitif, persuasif, dan mendorong pembacanya untuk melekukan suatu tindakan.

c.   Faktual edukasional

Ini adalah termasuk iklan hard selling, tetapi lebih bersifat informatif.

d.   Narasi

Ini adalah merupakan teks iklan yang ditulis dengan gaya enak, akan tetapi hanya bisa digunakan untuk prestise saja.

f.    Prestise

Ialah ditulis dengan menggunakan tehnik narasi. Biasanya ditujukan untuk pencapaian tujuan-tujuan kehumasan.

g.   Gambar serta keterangannya

Dalam iklan jenis ini biasanya terdapat suatu seri gambar, foto atau image dengan keterangan tertera dibawahnya.

Harga

Konsumen biasanya berharap dicantumkannya harga, sehingga dapat menimbulkan daya tarik sesuai dengan kemampuan konsumen serta kuailitas produk atau jasa.

Body copy

Body copy mempunyai fungsi untuk memperjelas tentang produk serta memberitahukan secara lengkap tentang apa yang   dijual, dan penjabaran-penjabaran mengenai kelebihan suatu produk, dan menggambarkan manfaat atau kenikmatan yang diperoleh serta ilustrasi atau gambar yang mendukungnya.

Tipografi

Adalah merupakan seni memilih jenis-jenis huruf dan ratusan jumlah rancangan, menggabungkannya dengan jenis huruf yang berbeda, menggabungkan sejumlah kata yang sesuai dengan jumlah ruang yang tersedia dan menandai naskah untuk proses typesetting. Tipografi yang baik mengarah pada keterbacaan, kemenarikan, dan desain huruf tertentu dan dapat mencipatakan gaya ( style ) menjadi karakteristik subyek yang diiklankan.

Slogan

Slogan merupakan kalimat yang pada umumnya digunakan untuk lebih meyakinkan dan memperkuat sikap calon konsumen untuk memilih suatu produk atau jasa yang ditawarkan. Jadi kalimat atau kata-kata yang harus digunakan harus berbentuk sederhana dan mudah untuk diingat.

Sub judul

Sub judul sangat membantu terhadap desain dan tipografi iklan, jadi sub judul dapat menampilkan kekontrasan dan penekanan, karena dapat dicetak dengan jenis huruf yang berbeda. Kegunaannya adalah untuk :

a)                  Menjaga kesan gerakan terhadap mata agar mata dapat terus membaca teks iklan.

b)                    Menyediakan kekontrasan tipografi.

c)                    Menekan nilai jual.

d)                    Membagi iklan menjadi beberapa bagian.

e)                    Menampung ketertarikan pembaca.

f)                       Menjadikan iklan lebih menarik.


3 Responses to “Iklan Media Cetak Sebagai Alat Untuk Kampanye Periklanan”


  1. 1 c fruit
    April 12, 2010 at 9:24 pm

    muantab…

    Rama said : okelah kalo begitu fran…semoga bermanfaat

  2. 2 emet
    March 11, 2011 at 1:43 pm

    maknyosssssss…

  3. 3 Ina c~luvers
    September 21, 2011 at 11:27 pm

    Tambah lagi dong


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


sohibrama@gmail.com

soekarno falls

More Photos
Internet Sehat

Pengunjung

  • 166,081 hits

butuh buku ini email ajah:

kontak online

Hidup…Kawanku

Assalamu'alaikum Wr Wb, kawan, tidak selamanya kehidupan ini sulit bila kau ditemukan dalam susah hati itu hanyalah kebetulan saja apabila kita ditemukan dalam keadaan gembira itupun hanya kebetulan saja hidup ini adalah sesuatu yang sementara kita dapat menjadi senang dalam suatu waktu dan kita bisa sedih dalam suatu waktu Wassalamu'alaikum

Biennale Jogja XI

telpon kita :

Call kawanrama from your phone!

Categories

April 2010
M T W T F S S
« Mar   May »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  
PageRank

kunjungan

free counters

RSS berita indonesia

RSS kompas

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Muka Pembaca

View My Profile community View My Profile View My Profile View My Profile

RSS bola

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS inggris

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
Yuk.Ngeblog.web.id

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: