22
Jan
10

Pemakaian Bahasa dalam Iklan

Pemakaian bahasa dalam iklan  menuntut suatu kecermatan agar bahasa itu dapat berfungsi sebagai sarana komunikasi yang dapat mencapai sasaran  yang dikehendaki secara baik. Kecermatan itu terutama menyangkut bentuk bahasa dan cara penyampaiannya. Dalam bentuk bahasa, pemakai bahasa iklan harus betul-betul memperhatikan struktur frasa, kalimat dan wacana. Sedangkan dalam cara penyampaian yang diutamakan adalah kaidah yang bersangkutan dengan retorik.Berdasarkan data temuan, konstruksi frasa kebanyakan berbentuk frasa nominal (FN) yang bisa terdiri dari FN+FN atau FN+Fprep, atau FN+N. Kontruksi kalimat tunggal sangat bervariasi. Berdasarkan analisa ditemukan adanya empatbelas variasi. Kalimat majemuk setara terdiri dari :

-          Kalimat majemuk setara penjumlahan

-          Setara perlawanan

-          Setara pemilihan

-          Kalimat majemuk bertingkat atas kontruksi : anak kalimat yang diikuti induk kalimat, induk kalimat yang diikuti anak kalimat.

Selain itu,  diantara data ditemukan juga iklan dalam bentuk kalimat majemuk campuran. Pemakaian bahasa dalam wacana sering memperhatikan kepaduan dalam bentuk (kohesi) dan keterpautan makna ( koherensi). Jika dipandang dari cara penyampaiannya, bahasa iklan dapat dapat dikelompokkan berdasarkan kaidah retorik yang digunakan menjadi :

  1. Iklan yang menggunakan kaidah pernyataan (pernyataan netral maupun penilaian)
  2. Iklan yang menggunakan kaidah perkaitan konsep
  3. Iklan yang menggunakan kaidah kealatan
  4. Iklan yang menggunakan kaidah keintiman
  5. Iklan yang menggunakan kaidah meyakinkan
  6. Iklan yang menggunakan kaidah kenal pasti
  7. Iklan yang menggunakan kaidah perbandingan
  8. Iklan yang menggunakan kaidah pertanyaan
  9. Iklan yang menggunakan kaidah peringatan
  10. Iklan yang menggunakan kaidah suruh
  11. Iklan yang menggunakan kaidah larangan
  12. Iklan yang menggunakan kaidah ajakan
  13. Iklan yang menggunakan kaidah nasihat
  14. Iklan yang menggunakan kaidah bahasa remaja atau santai.

Kesalahan bahasa yang ditemukan dalam bahasa iklan lebih tepat jika dilihat sebagai gejala penyimpangan dalam berbahasa. Jika, dilihat dari unsure kebahasaan, cenderung sebagai penggunaan yang nonbaku. (foto diambil dari http://www.facebook.com)

About these ads

4 Responses to “Pemakaian Bahasa dalam Iklan”


  1. April 4, 2010 at 2:41 pm

    Makasih mas artikelnya. bagus banget.
    Mampir ke blog saya y mas. :)

    rama said : oke-oke berjuang untuk sesuatu yang perlu yah…

  2. 2 anggartama
    April 30, 2010 at 10:11 pm

    kayaknya dah pernah liat fotonya…tp dimana y….

    Rama said : hayooo diingat….

  3. 3 hesty nugraheni
    August 19, 2010 at 1:50 am

    mas, maksih ya artikelnya.. bisa buat referensiku nyusun skripsi tentang bahasa iklan.. tapi, kalo bisa ditambahin lagi dunk..thanx..

    Rama said : oke kalo bermanfaat….he…he…he…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


sohibrama@gmail.com

soekarno falls

More Photos
Internet Sehat

Pengunjung

  • 162,999 hits

butuh buku ini email ajah:

kontak online

Hidup…Kawanku

Assalamu'alaikum Wr Wb, kawan, tidak selamanya kehidupan ini sulit bila kau ditemukan dalam susah hati itu hanyalah kebetulan saja apabila kita ditemukan dalam keadaan gembira itupun hanya kebetulan saja hidup ini adalah sesuatu yang sementara kita dapat menjadi senang dalam suatu waktu dan kita bisa sedih dalam suatu waktu Wassalamu'alaikum

Biennale Jogja XI

telpon kita :

Call kawanrama from your phone!

Categories

January 2010
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
PageRank

kunjungan

free counters

RSS berita indonesia

  • Ciri-ciri Android Terinfeksi Malware October 1, 2014
    Virus pada Android lebih cocok digolongkan kepada malware. Karena sifatnya sedikit berbeda, dimana virus lebih suka menginfeksi dan merusak aplikasi atau data, malware lebih banyak mengambil keuntungan dari device kita. Ini ciri-cirinya.
  • Impor BBM Melonjak, Neraca Perdagangan RI Defisit Lagi October 1, 2014
    Neraca perdagangan Indonesia kembali defisit pada Agustus 2014. Dengan ekspor senilai US$ 14,48 miliar dan impor US$ 14,79 miliar, terjadi defisit US$ 318,1 juta.
  • BLANC Jadi Alasan Utama Jessica Dikeluarkan dari SNSD October 1, 2014
    Menjadi seorang desainer adalah mimpi lain Jessica di samping kegiatannya sebagai member SNSD. Namun, siapa sangka bahwa niatnya membangun bisnis fashion line BLANC justru jadi alasan utama ia dikeluarkan dari SNSD.
  • Malas Bersihkan Telinga? Ini Dia Risikonya October 1, 2014
    Untuk melindungi telinga, saluran telinga memiliki kelenjar yang menghasilkan kotoran telinga. Kotoran dapat perlahan keluar atau bisa dikeluarkan dengan membersihkan telinga. Namun terkadang kotoran bisa mengeras dan menumpuk sehingga mengganggu kesehatan telinga.
  • Ini Dia 2 Jagoan Moge Yamaha October 1, 2014
    Hajatan pameran motor internasional Intermot 2014 yang berlangsung di Cologne, Jerman, menjadi ajang strategis bagi pabrikan sepeda motor dunia, termasuk motor Jepang Yamaha.

RSS kompas

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Muka Pembaca

View My Profile community View My Profile View My Profile View My Profile

RSS bola

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS inggris

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
Yuk.Ngeblog.web.id

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: